Kalabahi, mediantt.com — Setelah dibangun tahun 2012 lalu, dermaga petikemas di pelabuhan Moru, Kecamatan Alor Barat Daya (Abad), Kabupaten Alor, belum juga difungsikan. Dermaga yang dibangun dengan dana miliaran rupiah dari APBN itu, kini dibiarkan mubazir. Padahal, sarana dan prasarana penunjang lainnya seperti perkantoran dan gudang juga sudah rampung dibangun .

Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika (Kadishubkominfo) Kabupaten Alor, Amirullah, SH, yang dikonfirmasi mediantt.com Kamis (27/8/2015) menjelaskan, dermaga petikemas Moru tidak dibiarkan mubazir. Menurut dia, pendapat orang yang mengatakan dermaga petikemas Moru dibiarkan mubazir merupakan sanggahan yang tidak benar. “Itu tidak benar. Semua fasilitas penunjang sudah rampung dibangun, berarti tinggal tunggu peresmian, selanjutnya difungsikan,” katanya.

Dia menyebutkan, pembangunan dermaga petikemas di Pelabuhan Moru, anggaran dari pusat. Sehingga yang berhak untuk melakukan peresmian adalah pemerintah pusat dalam hal ini kementerian.

Jika kewenangan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Alor, tentunya Pemkab sudah melakukan peresmian pada beberapa waktu yang lalu. Akan tetapi, belum ada pelimpahan kewenangan dari pusat, sehingga peresmian masih kewenangan dari pusat. “Jadi kita tunggu informasi selanjutnya. Yang jelas dermaga petikemas Moru tidak dibiarkan mubazir. Pak Bupati sudah menyampaikan kepada kementerian untuk segera melakukan peresmian. Dan, dalam waktu dekat akan dilakukan peresmian untuk selanjutnya difungsikan. (joka)

Foto : Kadishubkominfo Alor, Amurullah,SH.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of