Kata Lebu Raya: Boleh Dong NTT Disebut Provinsi Kepulauan

by -139 views

Kupang, mediantt.com — Selasa (4/8/2015), di ruang kerjanya, Gubernur NTT, Drs Frans Lebu Raya menerima rombongan peserta Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN)/Hanwil Pasis Dikreg XLII Sesko TNI Tahun Ajaran 2015. Dihadapan mereka, Gubernur Lebu Raya mengatakan, kalau Indonesia sudah dikenal dengan Negara Kepulauan, maka boleh dong NTT disebut Provinsi Kepulauan.

“Kami harus memberi perhatian lebih untuk masyarakat NTT. Jika Indonesia sudah dikenal dengan Negara Kepulauan, boleh dong NTT dengan 1.192 pulaunya juga disebut Provinsi Kepulauan. Oecusi sebagai salah satu daerah kantong RDTL sedang giatnya membangun. Karena itu, kami juga terus berupaya memberi perhatian lebih kepada masyarakat di daerah perbatasan” tegas Lebu Raya.

Menurut dia, ancaman terbesar di perbatasan adalah ideology, bukan persoalan ekonomi. Karena itu, wawasan kebangsaan menjadi penting. Upaya membangun semangat bela negara harus terus dilakukan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme. “Karena itu, Pemberdayaan menjadi salah satu strategi penting kami,” kata Gubernur NTT menanggapi sesi diskusi bersam 40 orang perwira siswa peserta Kuliah Kerja Dalam Negeri angkatan ke-42 Sesko TNI.

Sementara itu, Komandan Sesko TNI, Letjen TNI Sonny Widjaja, mengatakan, pertemuan ini dimaksudkan untuk mendapatkan pencerahan, pemahaman yang utuh tentang berbagai upaya Pemerintah Provinsi NTT menghadapi berbagai persoalannya.

Pada akhirnya, lanjut dia, mereka akan melakukan kajian wilayah pertahanan, dengan berbagai potensi sumberdayanya, termasuk sumber-sumber kerawanan. “Mereka ini adalah para Perwira Siswa Pendidikan Reguler XLII Sesko TNI Tahun Ajaran 2015,” katanya.

Keseluruhannya, sebut dia, berjumlah 150 orang dengan empat target daerah simultan yaitu NTT, NTB, Maluku dan Maluku Utara.

Saat ini hadir 40 orang peserta terdiri dari 37 orang Pamen TNI dan 1 orang Pamen Polri serta dua Perwira Mancanegara dari Arab Saudi dan Korea Selatan. (jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *