Diterwakan Karena Salah Ucap, Gobang Tantang Vasco

by -104 views
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Maumere, mediantt.com – Adegan tak etis dilakonkan dua anggota DPRD Sikka, Jhon Gobang (Fraksi Golkar) dan Faustinus Vasco (Fraksi PKPI), di ruang siding, Jumat (31/7/2015). Musebabnya, hanya karena Gobang ditertawai oleh Vasco lantas berkali-kali salah mengucapkan kata restrukturisasi.

Perilaku konyol dua wakil rakyat ini terjadi saat rapat dengar pendapat dengan KONI Kabupaten Sikka berkaitan dengan persiapan Kabupaten Sikka sebagai tuan rumah penyelenggara El Tari Memorial Cup Tahun 2015. Rapat dengar pendapat itu sendiri dipimpin Wakil Ketua Donatus David dan dihadiri Sekretaris KONI Kabupaten Sikka Rudolfus Ali.

Jhon Gobang mengkritisi posisi Ketua Umum KONI Kabupaten Sikka yang dijabat oleh Yoseph Ansar Rera yang adalah Bupati Sikka. Dia mendesak agar dilakukan restrukturisasi kepengurusan dengan usulan agar Ketua Umum KONI Kabupaten Sikka tidak harus dijabat Bupati Sikka. Sebelumnya hal yang sama juga sudah ditegaskan Ketua Fraksi PKP Indonesia Alfridus Melanus Aeng.

Semangat menggebu-gebu Jhon Gobang ketika memberikan pendapat, sampai dia salah menyebut kata restrukturisasi. Kesalahan mengucapkan kata itu dilakukan berulang-ulang, membuat peserta rapat tertawa, termasuk Faustinus Vasko yang duduk persis berhadapan dengan Jhon Gobang.

Karena merasa ditertawakan, Jhon Gobang langsung berdiri dan sambil menunjuk ke arah Faustinus Vasko kemudian menghardiknya. Spontan Faustinus Vasko pun langsung berdiri dan melayani amarah Jhon Gobang. Keduanya pun saling menantang dan kalimat-kalimat yang menjurus kepada perkelahian. Untung saja, jarak tempat duduk antara keduanya sekitar 10 meter dan harus melewati beberapa kursi wakil rakyat yang lainnya.

Melihat kondisi seperti itu, Donatus David langsung mengambilalih perdebatan yang terjadi antara dua wakil rakyat itu.  Dia kemudian menetralisir dan meredam emosi Jhon Gobang dan Faustinus Vasko.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sikka Fery Henriquez yang kebetulan hadir di ruang paripurna, langsung bereaksi untuk mengamankan suasana tegang yang sedang terjadi.

Donatus David yang dihubungi Sabtu (1/8) pagi, membenarkan terjadinya peristiwa nyaris adu jotos antara kedua wakil rakyat itu. Dia menyayangkan terjadinya persitiwa itu, dan berharap untuk ke depan tidak terjadi lagi.

Perilaku buruk Jhon Gobang dan Faustinus Vasko di ruang terhormat ini sempat menjadi cerita saat Final Kejuaraan Daerah Tinju Amatir se-Nusa Tenggara Timur, Jumat (31/7) malam di Gelora Samador da Cunha Maumere. Dengan berseloroh canda, seorang warga masyarakat mengatakan, mereka berdua lebih pantas menjadi atlit tinju dari pada menjadi wakil rakyat. (palupy tana maku)

Foto : Wakil Ketua DPRD Sikka, Donatus David (kanan) bersama koleganya Wakil Ketua juga, Stef Say.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments