Suratin Cup 2015, Persebata Lembata Dipastikan Masuk Final

by -37 views

Kalabahi, mediantt.com — Setelah membungkam Persema Malaka 5-1, Persebata Lembata dipastikan masuk dalam laga final Suratin Cup U-17. Dalam pertandingan di Stadion Batunirwala Kalabahi, Jumat (31/7/15) petang, penyerang Persebata Lembata kelahiran Alor, Sharil Bara, mencetak hatrick yang kedua kalinya, sekaligus menjadi top scorer dengan mengoleksi enam gol.

Persap Alor lolos ke final dengan mengantongi 10 poin dan menjadi pemuncak klasemen. Persebata hanya bermain imbang 1-1 melawan PERSS Soe. Sedangkan PERSS Soe yang unggul 2-0 dari Persematim Manggarai Timur pada hari yang sama, hanya membutuhkan hasil imbang melawan Persap Alor. PERSS Soe sudah mengoleksi tujuan poin, sedangkan Persap Alor baru mengoleksi enam poin.

Pertandingan Persebata Lembata versus Persema Malaka berjalan dalam tempo sedang. Persema Malaka yang hanya mengoleksi satu poin terlihat bermain lepas. Pelatih Persema Malaka, Folgentius Fahik menurunkan sejumlah pemain yang belum pernah turun dalam pertandingan sebelumnya.

Laga yang dipimpin wasit Antonius Bekak ini ditonton langsung Bupati Lembata, Eliaser Yance Sanur dan sejumlah pejabat lingkup Pemkab Malaka serta Wabup Alor, Imran Duru. Lembata yang memburu poin penuh terus menekan pertahanan Persema Malaka. Buktinya, pertandingan baru berjalan empat menit pengatur serangan Persebata kelahiran Alor, Rinaldy Syam mengubah kedudukan 1-0.

Tendangan melengkung pemain kelahiran Alor ini memaksa kiper Malaka,Carles Boi Mali memungut bola dari jalanya. Gol ini tercipta dari tendangan bebas luar kotak penalti.

Empat menit kemudian, penyerang Persebata Lembata kelahiran Alor, Sharil Bara menambah keunggulan menjadi 2-0. Gol ini bermula ketika terjadi kemelut di area pertahanan Persema Malaka. Bara yang menerima umpan dari Rinaldi Syam langsung menyambar ke arah gawang yang tidak dijangkau kiper Persema,Carles Boi Mali.

Pada menit ke 35, Sharir Bara kembali mengubah kedudukan menjadi 3-0. Lagi-lagi gol ini tercipta ketika menerima umpan panjang dari Rinaldi Syam yang langsung disambar oleh pemain kelahiran Baranusa itu. Bara kembali menggenapi hatricknya pada menit ke 47 setelah menyambar bola dari tendengan penjuru.

Setelah membuat hatrick, pelatih Persebata Lembata Simon Langodai menarik keluar penyerang andalan mereka itu. Selain penyerang, Langodai juga menarik kiper utama mereka Taibil Umar. Pada menit ke 60 Aleks Prason memperbesar keunggulan Persebata Lembata menjadi 5-0.

Satu-satunya gol hiburan dari Persema Malaka dilesatkan oleh Dani Asa dan mengubah kedudukan menjadi 5-1. Persema terus menggedor pertanahan Persebata Lembata untuk menambah pundi gol, namun bola mudah dihalau pemain belakang Persebata Lembata. Kedudukan 5-1 tidak berubah hingga wasit Antonius Bekak meniup peluit panjang.

Sementara itu, PERSS Soe hanya membutuhkan hasil imbang saat melawan Persap Alor, Sabtu (1/8/15) petang kemarin. Dalam pertandingan melawan Persematim Manggarai Timur, PERSS Soe berhasil membungkam anak-anak asuhan Ferdinandus Budiman dengan skor 2-0. Dua gol ini diciptakan penyerang PERSS Soe, Darmon E. Boimau pada menit ke 37 dan masa injuri time atau pada menit ke 80. Persematim yang coba bangkit untuk mengejar ketertinggalan tidak mampu membalas satu gol pun. Hingga wasit Herman Wila meniup peluit panjang kedudukan tetap 2-0 untuk PERSS Soe.

Petang kemarin, PERSS Soe harus berjuang mati-matian untuk bisa lolos ke laga final yang sudah ditunggu Persebata Lembata. Pelatih PERSS Soe, Nale Bisilisin harus putar otak agar bisa meredam anak-anak Nusa Kenari yang didukung penuh para suporternya. Persap Alor juga harus bekerja keras untuk menang agar bisa lolos ke laga final yang akan berlangsung, Senin (3/8/15). (joka)

Foto : Baliho Suratin Cup berdiri persis di jalan masuk Stadion Batunirwala-Kalabahi.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments