Pendaftaran Pilkada Manggarai Barat Rusuh

by -23 views

JAKARTA — Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Malik mengungkapkan bahwa salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur, yakni Kabupaten Manggarai Barat mengalami sedikit persoalan di hari terakhir pendaftaran calon pilkada serentak 2015. Pasalnya, salah satu pasangan calon beserta pendukungnya memaksakan KPU untuk menerima pendaftarannya.

“Kami dapat info yang berbeda di Kabupaten Manggarai Barat yaitu adanya kondisi yang kurang baik di sekitar KPUD, yakni adanya pemaksaan dari pasangan Pranda-Padju (Fedelis Pranda dan Benyamin Padju) yang memaksa KPUD Manggarai Barat untuk menerima pendaftaran Pilkada serentak,” ujar Husni dalam konferensi pers di Ruangan Media Center KPU, Jakarta, Rabu (29/7) dini hari.

Padahal, kata Husni, secara umum tahapan pendaftaran pilkada yang berlangsung tiga hari berjalan secara baik dan lancar. Selain Kabupaten Manggrai Barat, menurut Husni, tidak ada gejolak yang menonjol dan hampir bisa diatasi oleh KPUD setempat.

“Daerah lain nggak menonjol, walaupun ada tapi diselesaikan dengan baik oleh KPUD,” ungkap Husni.

Anggota Komisioner KPU Sigit Pamungkas mengatakan, permasalahan di KPUD Kota Labuan Bajo, ibukota Manggarai Barat, berawal dari adanya penarikan dukungan dari salah satu partai yang mengusung paket Pranda-Padju dan beralih ke paket lain. Karena terus mendesak, kata Sigit, KPUD Manggarai Barat akhirnya menerima pasangan tersebut.

“SK partai PKB yang mengusung Paket Pranda-Padju ditarik dan mendukung pasangan lain. Karena desakan tersebut akhirnya KPUD terima,” terang Sigit.

Sigit menambahkan, KPU akan mengevaluasi kejadian tersebut dan segera mangambil langkah agar tidak menyebabkan munculnya gejolak baru dalam Pilkada serentak tahun ini.

“Besok kami dapat laporan lebih lanjut dan kami tindak-lanjuti segera,” tandas Sigit.

Sementara Komisioner KPU yang lain Arief Budiman meminta kepolisian setempat untuk menyelidiki persoalan yang terjadi di Kabupaten Manggarai Barat. (beritasatu.com/jk)

Foto : Ilustrasi pilkada langsung

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments