Deklarasi ‘Sahabat’, Mesang, Francis dan Jefry Janjikan APBN ke Belu

by -137 views

Atambua, mediantt.com – Sabtu (25/7/2015), bertempat di lapangan Umum Simpang Lima, Kota Atambua, digelar deklarasi Paket calon bupati dan wakil bupati Belu, Wilibrodus Lai dan JT Ose Luan, yang punya tagline ‘Sahabat’. Di momentum politik itu, tiga politisi NTT yang sedang duduk di DPR RI, Charles Mesang (Fraksi Partai Golkar), Farry Francis (Fraksi Gerindra) dan Jefry Riwu Koreh (Fraksi Demokrat), dalam orasi politiknya berjanji akan memperjuangkan dana APBN untuk mendukung pembangunan Kabupaten Belu dan kesejahteraan rakyat.

Ketiga politisi itu merupakan pengusung paket pasangan Sahabat yaitu Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Demokrat.
Charles Mesang mengatakan, demi kemajuan masyarakat Belu di bidang kesehatan pihaknya meminta Penjabat Bupati Welem Foni untuk segera membuat proposal permohonan anggaran ke Pemerintah Pusat agar dalam tahun anggaran 2016 akan dialokasikan dari APBN untuk menuntaskan pembangunan Rumah Sakit Mgr. Gabriel Manek, SVD.
“Saya akan berjuang maksimal menggolkan anggaran sebesar Rp 100 miliar untuk menyelesaikan Rumah Sakit Gabriel Manek untuk melayani masyarakat Kabupaten Belu,” ujar anggota DPR RI periode kelima itu.
Dia juga meminta Pemda Belu untuk mendata dengan akurat jumah masyarakat miskin di Belu agar semuanya dapat terakomodir dalan program BPJS. “Jangan malu untuk menentukan jumlah masyarakat miskin, sampaikan jumlah yang benar agar selain mendapat jaminan kesehatan secara gratis juga dapat dijadikan patokan oleh pemerintah pusat dalam menyalurkan berbagai program sosial lainnya. Apalagi kita sudah menambah anggaran Rp 12 triliun untuk mendukung program BPJS” kata Mesang.
Charles Mesang mengatakan, partainya menjatuhkan pilihan untuk mendukung Paket Sahabat karena setelah dilakukan fit and proper test serta melihat dukungan masyarakat melalui survei serta visi dan misi yang diusung, Pasangan Wili Lay-Ose Luan merupakan pasangan yang layak memimpin Kabupaten Belu.
“Saya tanya saudara Wili Lay, bagaimana konsep membangun Kabupaten Belu, dia (Wili Lay) menjelaskan, tujuan dari pemerintahan adalah bagaimana rakyatnya sejahtera dan melakukan perubahan pada tiga sektor utama yaitu kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Tapi Pak Charles harus bantu fasilitas kesehatan yang memadai,” ujar Mesang menirukan penjelasan Wili Lay ketika fit and proper test.
Menurut dia, konsep membangun seperti yang diusung Wili Lay-Ose Luan ini yang sangat tepat untuk diterapkan di Kabupaten Belu.
Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Belu yang mayoritasnya petani, kata Mesang, maka diupayakan agar pemerintah berkewajiban membantu masyarakat agar bisa menanam sampai tiga kali dalam setahun.
“Kita jadikan masyarakat menanam tiga kali dalam setahun, dan kuncinya adalah air. Kita genjot agar air selalu ada dengan membangun embung, bendungan dan sumur bor dengan fasilitas irigasi yang tepat sesuai kondisi iklim kita yaitu irigasi hemat air. Dan itu jangan khawatir karena ada Farry Francis selaku Ketua Komisi V DPR RI dan palu ada ditangannya yang hari ini hadir disini mendukung Paket Sahabat,” katanya disambut sorak lima ribuan massa pendukung yang membanjiri Lapangan Umum Simpang Lima Atambua.
Ia juga menekankan soal kemajuan masyarakat Belu di bidang pendidikan. “Generasi Belu harus pintar dan ada sahabat kita Jeffry Riwukore yang punya keahlian di DPR untuk berjuang memajukan pendidikan dengan menambah sebanyak mungkin anak-anak Belu untuk menerima bea siswa dari negara,” katanya.
Menurutnya, paket pasangan lain di Belu tidak akan ada yang sekomplit kami yang hadir memberikan dukungan kepada ‘Sahabat’. “Kami bertiga akan berjuang semaksimal mungkin untuk kesjahteraan masyarakat Belu. Sehingga DPP Partai Golkar, dan lainnya menjatuhkan pilihannya mendukung Paket Sahabat,” kata Mesang.
Ketua Komisi V DPR RI yang juga politisi Partai Gerindra, Farry Francis dalam orasinya mengatakan, ia bersedia didemo oleh masyarakat Belu untuk mundur dari jabatannya sebagai anggota DPR RI jika tidak memberikan perhatian demi perubahan masyarakat Belu. “Palu untuk mengetok anggaran infrastruktur dan perumahan rakyat seluruh Indonesia ada di tangan saya, dan saya akan memberikan perhatian yang serius untuk Belu, Maka ajak seluruh masyarakat Kabupaten Belu untuk memilih Pasangan Sahabat pada tanggal 9 Desember 2015,” katanya.
Anggota DPR RI dari Partai Demokrat Jefri Riwukoreh mengatakan, Wily Lai adalah sosok rendah hati yang mampu membawa perubahan bagi masyarakat Kabupaten Belu.
Sebagai Kabupaten yang berbatasan dengan Negara Timor Leste, pihaknya akan terus menggenjot dana perbatasan dari APBN untuk membangun Belu. “Sudah sangat tepat karena saya, pak Fary Francis dan Om Charles Mesang ada di sini, hadir memberikan dukungan kepada Paket Sahabat. Tidak ada yang menjanjikan kesehata, jalan dan infrastruktur serta pendidikan kalau bukan kami bertiga yang hadir di sini,” ujarnya.
Politisi asal Pulau Sabu itu mengingatkan masyarakat Belu agar tidak terpengaruh dengan isue yang dihembuskan bahwa Sahabat tidak punya kekuatan politik untuk membangun.
Calon Bupati Belu, Wily Lai dalam pidatonya mengatakan, ia dan pasangannya J.T. Osae Luan mempunyai impian tentang Kabupaten Belu yang akan berubah lebih baik lagi. “Kami hadir untuk memenuhi harapan masyarakat akan pemimpin yang mau mendengar dan dekat dengan rakyatnya. Serta harapan akan pemimpin yang jujur dan tidak korupsi,” ujarnya disambut sorak massa pendukung.
Acara deklarasi itu dihadiri sekitar 5.000 lebih massa pendukung dari seluruh pelosok Kabupaten Belu dan dimeriahkan oleh sejumlah artis seperti Thony Parera dan Putry Moruk. (laurens leba tukan/jdz)

Ket Foto; Anggota DPR RI dari Partai Golkar Dr. Charles J. Mesang ketika berorasi dalam acara Deklarasi Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu, Wily Lai-J.T. Ose Luan (Paket Sahabat) di Lapangan Utama Simpang Lima Kota Atambua Kabupaten Belu, Sabtu 25 Juli 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *