Pantai Tablolong, Panorama Alam Yang Aduhai

by -71 views

PANTAI Tablolong, orang Kupang lebh menyebutnya sebagi daerah mincing, bahkan sering jadi arena lomba mancing. Panorama alamnya begitu sempurna, aduhai! Letaknya berada di ujung Pulau Timor dan berhadapan langsung dengan Pulau Semau. Lokasinya memang cukup jauh dari Kota Kupang. Perjalanan ke Pantai Tablolong bisa ditempuh sekitar kurang dari satu jam menggunakan kendaraan pribadi, dengan jarak sekitar 23 km. Tidak ada kendaraan umum menuju Tablolong, sehingga pilihan rasioalnya, kalau bukan kendaraan pribadi, ya manfaatkan jasa ojek yang saat ini marak di Kota Kupang.

Perjalanan ke arah Barat dari Kupang paling mudah ditempuh melewati jalur tengah melewati daerah Bakunase dan Kupang Barat melewati daerah Oenesu yang juga dikenal dengan obyek wisata air terjunnya. Sebenarnya dapat juga menempuh perjalanan melalui jalur Utara menuju ke arah Pelabuhan Tenau, namun tampaknya jarak yang kita tempuh jadi lebih panjang selain terdapat beberapa jalur yang masih rusak.

Pantai Tablolong, menjadi tempat asyik menghabiskan waktu liburan. Banyaknya jenis ikan yang hidup melengkapi lanskap perairan Tablolong. Canda tawa penghuninya selalu terlihat walau panas matahari membakar.

Mengikuti kontur jalan yang relatif mendaki, menyempit, kemudian memasuki kawasan hutan yang cukup sepi mewarnai sepanjang perjalanan. Pohon kayu putih, lontar, serta semak belukar  berjajar menemani perjalanan pengunjung menuju Pantai Tablolong.

Sesampai di Desa Tablolong, terdapat gapura agak besar yang bertuliskan “Tempat Wisata Pantai Tablolong”. Begitu masuk sekitar 200 meter, pengunjung akan menemui area bangunan berupa lopo-lopo semacam bangunan terbuka dengan tempat duduk dan atap bulat untuk bersantai yang dibangun pemerintah. Bangunan-bangunan itu tampat tidak terawat sehingga memunculkan kesan sudah lama tidak dipelihara dan dirawat. Ada pula yang sudah rusak.

Setelah sekitar 200 meter lagi setelah itu kita akan menemui sebuah homestay “Kaki Ayam” yang dibangun oleh wisman Australia. Di homestay ini terdapat beberapa lopo yang unik, lopo ini bagian bawah terbuka sehingga bisa untuk bersantai sedangkan jika kita naik tangga ke atas, maka terdapat tempat untuk beristirahat. Sayang tempat ini pun terkesan kurang terpelihara, mungkin karena sudah sangat jarang wisman datang ke tempat ini.
Sekitar 500 meter setelah itu kita akan sampai ke ujung jalan dimana terdapat kantor Balai Pembenihan dan Pembibitan Ikan. Disepanjang pantai yang kita lalui itu terdapat aktivitas penanaman rumput laut oleh masyarakat sekitar.
Di depan balai inilah tempat paling menarik dari pantai Tablolong. Karena dari hamparan pasir putih di Tablolong, di daerah ini hamparan pasir putih yang paling luas dan panjang.

Memang tempat yang paling sering dikunjungi orang-orang yang ingin bersantai di pantai Tablolong adalah disini karena hamparan pasirnya yang luas dan bersih. Airnya yang bening juga enak untuk berenang, walaupun harus berhati-hati karena di samping kiri dan kanan banyak bertebaran botol-botol bekas dan plastik-plastik, yang digunakan para petani rumput laut untuk mengikat tali sangkutan rumput laut dan penanda yang memudahkan untuk diawasi.

Namun ada hal lain yang menarik di pantai Tablolong yaitu terumbu karangnya. Dari hasil penelusuran, banyak wilayah bekas-bekas terumbu karang yang telah rusak parah akibat kegiatan penangkapan ikan para nelayan. Kebiasaan-kebiasaan lama nelayan dengan menggunakan bom ikan untuk menangkap ikan telah menyebabkan area pantai ini mengalami kerusakan terumbu karang yang cukup parah.

Meski begitu masih terdapat beberapa spot terumbu karang yang mulai tumbuh di daerah karang. Kegiatan penanaman petani rumput laut juga ikut membantu menjaga ekosistem terumbu karang. Spot yang mulai tumbuh bagus ada di sekitar daerah karang, tepatnya di sebelah kanan dari batu bolong.

Siapkan peralatan anda jika ingin menikmati terumbu karang di pantai ini karena tidak ada tempat penyewaaan. Jangankan tempat penyewaan, anda pun harus menyiapkan perbekalan makan dan minum karena jika anda lupa membawanya bersiaplah anda kelaparan dan kehausan. Sampai saat ini belum ada orang yang berminat berjualan di kawasan pantai tersebut.

Oh iya, di daerah karang ini ada kawasan karang yang bawahnya berlubang sehingga waktu air laut naik anda dapat menikmati air yang menyembur dari bagian bawah karang akibat gelombang yang menumbuk karang.

Ayo berkunjung ke Pantai Tablolong, tinggal memilih apakah sekedar ingin menikmati hamparan pasir putih dan laut biru yang tenang, atau siapkan peralatan snorkling anda dan menikmati sisi dalam Pantai Tablolong. (*/jdz)

Ket Foto : Para pengunjung sedang menikmati pasir putih dan birunya laut Tablolong pada Senin (21/7/2015). 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments