Lionel Messi Menjadi Tamu Istimewa di Gabon

by -130 views

Sudah banyak tamu penting yang berkunjung ke Gabon. Namun, saat Lionel Messi berkunjung ke negara di Benua Afrika tersebut, sambutan dan perlakuan terhadap bintang Barcelona itu sangat istimewa.

LIONEL Messi begitu lekat dengan Afrika. Setelah membantu penggarapan film pendek Senegal berdurasi 7 menit, Dream of Heroes, kini dia menjadi saksi pembangunan stadion di Gabon. Messi didapuk untuk meletakkan batu pertama fondasi pembangunan Stadion Port-Gentil kemarin.

Messi tidak sendiri. Dia datang bersama Deco, mantan koleganya di Barcelona periode 2004–2008. Messi datang untuk menepati janji mantan penggawa Barcelona lainnya, Samuel Eto’o.

Eto’o pula yang meminta Messi dan Deco untuk mengunjungi Gabon. Sebab, pemain yang kini memperkuat klub Turki, Antalyaspor, itu mempunyai sebuah akademi yang berdiri tiga tahun lalu di Gabon.

Kebetulan, pada saat yang bersamaan, La Pulga –panggilan akrab Messi– juga menerima undangan dari Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba. Ondimba mengajak Messi untuk meletakkan batu pertama sekaligus meresmikan pembangunan Stadion Port-Gentil. Stadion tersebut akan digunakan sebagai venue Piala Afrika 2017.

’’Saya bertemu Messi ketika berada di Barcelona beberapa tahun lalu. Kami berbincang dan dia berjanji mengunjungiku di Libreville (ibu kota Gabon),’’ ujar presiden yang akrab disapa Bong itu sebagaimana dilansir Goal.

Karena tak ada agenda latihan dan pramusim selepas perhelatan Copa America 2015, Messi pun memenuhi undangan Ondimba. Hanya, penyerang yang telah mengemas 412 gol selama 11 musim berkostum Blaugrana –julukan Barcelona– itu datang tanpa didampingi Eto’o. Eto’o tak bisa mendampingi karena memiliki agenda lain. Dia hanya bisa menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Messi hadir di Gabon lewat akun Twitter.

’’Aku berharap @leomessi selamat dalam perjalanannya menuju negara keduaku, Gabon. Di sana, kamu akan menemukan kehangatan dan keramahan dari para penduduknya,’’ tulis Eto’o sebagaimana dilansir Sport.

’’Terima kasih karena kamu memenuhi janjimu. Aku tidak bisa berada di sana bersamamu karena ada agenda yang harus diselesaikan,’’’ lanjutnya.

Bagi Gabon sendiri, kedatangan Messi merupakan momen yang spesial. Ondimba pun menganggap kapten timnas Argentina itu sebagai tamu istimewa. Buktinya, setelah melayani permintaan tanda tangan dari fans, Messi langsung diantar menuju lokasi proyek pembangunan stadion dengan disopiri Ondimba sendiri. Ondimba rela menjadi sopir pribadi karena dia memang fans berat Messi. Ondimba pernah berjanji menjadi sopir pribadi buat Messi jika sang idola datang ke Gabon. ’’Messi adalah pria terhormat yang tetap memenuhi janji untuk datang kemari. Agenda peletakan batu pertama berjalan dengan sukses,’’ puji presiden yang berkuasa sejak 2009 tersebut.

Sementara itu, perlakuan istimewa untuk Messi tak hanya diterima saat berada di Gabon. Di Barcelona, pelatih Luis Enrique memberikan waktu libur yang lebih lama buat Messi. Padahal, Senin (20/7) Messi dijadwalkan kembali ke Barcelona. Namun, Messi ternyata diberi toleransi untuk kembali ke Barcelona hingga awal Agustus. (jpnn/jk)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments