Tolikara Tenang, Kios dan Musala Dibangun Lagi

by -21 views

JAYAPURA – Momen hari kemenangan Idul Fitri 1436 Hijriah pada Jumat (17/7) ternoda. Pada saat umat muslim sedang bermaaf-maafan, kabar yang menguji kesabaran dan semangat toleransi datang dari bumi Papua.

Dari Tolikara dilaporkan, sekelompok orang menghalang-halangi kaum muslim yang hendak menjalankan salat Idul Fitri di Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, Jumat sekitar pukul 08.00 Waktu Indonesia Timur (WIT). Aksi tegas pihak keamanan untuk menjaga hak beribadah umat muslim berujung bentrokan. Massa membakar rumah dan kios milik warga. Akibat kerusuhan tersebut, 1 rumah ibadah, 6 rumah, dan 11 kios dibakar massa. Selain itu, jatuh korban 1 tewas dan 10 orang mengalami luka-luka.

Sabtu (18/7) kepolisian dan pemerintah daerah (pemda) setempat langsung melakukan upaya-upaya agar peristiwa pembakaran rumah ibadah yang pertama di Papua itu tidak berbuntut panjang. Selang sehari setelah kerusuhan, dilakukan pertemuan antara Kapolda Papua, Pangdam XVII Cenderawasih, Gereja Injili di Indonesia (GIDI), tokoh agama, serta Musyawarah Pimpinan Daerah Papua di Tolikara, Sabtu pagi.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombespol Suharsono mengungkapkan, ada empat kesepakatan yang dicapai. Pertama, GIDI dan tokoh agama se-Tolikara saling menjaga kerukunan. Kedua, pemkab akan membangun lagi kios dan rumah ibadah yang dibakar.

Kesepakatan ketiga adalah Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Fransen Siahaan berjanji memberikan bantuan tunai kepada para korban. Sedangkan poin terakhir adalah pelaku pembakaran tetap akan diusut sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Suharsono menjelaskan, semua poin itu disepakati GIDI, tokoh agama, Pemkab Tolikara, Polda Papua, dan Pangdam Cenderawasih. ”Jadi, dipastikan telah ada antisipasi kemungkinan adanya peristiwa balasan. Dengan perjanjian ini, semua itu bisa ditekan,” ucapnya.(jpnn/jdz)

Ket Foto : Sejumlah tokoh dan pimpinan agama membacakan pernyataan sikap terkait insiden di Karubaga, ibukota Kabupaten Tolikara Papua,Sabtu (18/7/2015).

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments