Jalur Trans Utara Flores Terancam Putus Diterjang Ombak

by -63 views

NDONDO — Kamis, 9 Juli 2015, tim Asosiasi Jurnalis Media Online (AMO) NTT melintasi jalur Jalan Trans Utara Flores dari Ende menuju Maumere, Sikka. Jalur jalan Trans Utara Flores terbilang baik, meski di sejumlah titik-titik, kondisinya masih memprihatinkan, dan rawan kecelakaan. Butuh intervensi pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat.

Seperti disaksikan mediantt.com, beberapa titik ruas jalan di Pantai Utara (Pantura) Pulau Flores dalam keadaan rusak parah. Bakan, ruas jalan yang persis berada di pinggir pantai sepanjang Pantura, terancam putus karena setiap saat diterjang ombak. Tembok penahan ombak pun roboh. Karena itu, pengendara roda dua dan empat diharapkan ekstra hati-hati melintasi jalur pantai utara Flores.

Markus, 46, warga Maurole, Kabupaten Ende, menuturkan, keadaan jalan ini sangat mengganggu kelancaran trasportasi pergi pulang Maumere (Sikka)-Maurole (Ende)-Mbay (Nagekeo).

“Persoalan jalan ini kita sudah berteriak kepada pemerintah kabupaten, provinsi, bahkan pusat sejak lima tahun lalu. Tapi sampai hari ini tidak ada satu pun yang tanggap,” ujar Markus.

Selain pemerintah, sebut dia, pihaknya juga telah menyampaikan kepada Anggota DPRD Provinsi NTT asal Daerah Pemilihan (Dapil) 5, yakni Sikka, Ende, Nagekeo dan Ngada.

“Tapi ibarat titip ikan di kucing. Hilang di tengah jalan. Tidak ada dampak sama sekali. Tau itu DePeEr bikin apa saja. Makan gaji buta, mati mampos cepat baek,” gerutu dia.

Seperti disaksikan median.com, Kamis (9/7/15) petang, ada satu titik jalan yang nyaris putus, yakni di Kecamatan Maurole. Lebarnya tinggal dua meter, sedangkan yang satunya lagi, badan jalan telah amblas dan hanya ditumpuki material seadanya.  Tampak badan jalan amblas diterjang ombak. Saat ini masih bisa dilewati, tapi harus ekstra hati-hati. Selain rusak parah, ruas jalan ini juga sangat sempit dihimpit tebing.

“Pengendara bisa lewat, tapi tkalau tidak hati-hati ya celaka,” ucap Linus, warga Magepanda, Kabupaten Sikka. (AMO/cis/jdz)

Ket Foto : Salah stau ruas jalan di pesisir Pantai Utara Flores, yang terancam putus akibat dihempas ombak.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments