Peringatan! Stop Bunuh Diri di Jembatan Liliba

by -106 views

Kupang, mediantt.com — Gara-gara aksi bunuh diri kerap terjadi di Jembatan Liliba, Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), warga setempat memasang sebuah papan peringatan ukuran kecil bertuliskan “dilarang bunuh diri di tempat ini dan di tempat lain” di sekitar jembatan tersebut. Warga diingatkan untuk stop bunuh diri di Jembatan Liliba.
Papan dengan tulisan tangan menggunakan spidol itu dipasang di ujung barat jembatan tersebut. Papan pengumuman itu pun menjadi pusat perhatian warga dan pengguna jalan yang melintas.
Mario, warga Penfui, mengatakan, tulisan tersebut memang pantas dipasang di tempat itu karena hampir setiap tahun pasti ada saja kejadian bunuh diri di jembatan ini.
“Kasus orang bunuh diri di Jembatan Liliba sudah terjadi berulang kali, sekitar belasan kali atau bahkan lebih banyak lagi, sehingga memang tempat ini jadi favorit bagi mereka yang berniat mau mengakhiri hidupnya,” kata Mario, Jumat (19/6/2015).
Seharusnya, lanjut Mario, pemasangan papan peringatan ini sudah dilakukan sejak awal saat kasus bunuh diri sudah terjadi lima kali.
Pantauan media, Sabtu (20/6/2015) sore, papan pengumuman itu menjadi pusat perhatian warga dan pengguna jalan saat melintasi jembatan tersebut. Setiap warga kota Kupang yang melintas selalu berhenti sejenak dan membaca pengumuman itu.

Setiap tahun ada saja orang bunuh diri di Jembatan Liliba. Diminta perhatian serius pemerintah daerah untuk memberi pengamanan yang lebih tinggi sehingga orang yang akan mengakhiri hidupnya sulit memanjat.

Jembatan Liliba mulai dibangun pada 1990, digunakan sejak 1994 dan memiliki panjang 135 meter dengan ketinggian mencapai 200 meter, lebar 9 meter, tipe bangunan atas jembatan rangka baja Australia Kelas A. Sedangkan tipe bangunan bawah sumuran dan metode pelaksanaan Cantilever.

Pembangunan jembatan ini menelan biaya sekitar Rp 3,5 miliar dengan konsultan Direktorat Jenderal Bina Marga.(kpc/sp/jk)

Ket Foto : Sebuah papan berukuran sedang bertuliskan “dilarang bunuh diri di tempat ini”, dipasang di Jembatan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments