Taklukan Juve, Barcelona Juara Liga Champions!

by -17 views

BERLIN — Barcelona akhirnya mewujudkan impian merebut treble musim ini setelah memastikan gelar juara Liga Champions usai menundukkan Juventus 3-1 dalam final Sabtu (6/6) atau Minggu (7/6) dini hari WIB, di Stadion Olympia, Berlin. Gol-gol tim asuhan Luis Enrique ini dicetak Ivan Rakitic pada menit keempat, Luis Suarez (68) serta Neymar saat injury time. Juventus sempat menyamakan skor melalui Alvaro Morata pada menit ke-55.

Mengangkat trofi Liga Champions melengkapi sukses Barca merebut tiga gelar karena sebelumnya mereka juga telah menjuarai La Liga dan Piala Raja (Copa del Rey). Dengan sukses ini, Barcelona juga menorehkan sejarah sabagai satu-satunya klub Eropa yang mampu dua kali merebut treble. Sebelumnya mereka juga melakukan hal ini pada musim 2008/09 saat dilatih Pep Gardiola.

Ini juga menjadi musim yang cemerlang bagi pelatih Barca, Luis Enrique, karena sukses mempersembahkan tiga gelar pada musim pertamanya melatih raksasa Catalan itu. Dia berarti menyamai sahabatnya, Guardiola enam tahun silam.

Barcelona memulai laga dengan baik. Pada menit keempat, Blaugrana sudah memaksa Juventus dalam situasi tertinggal satu gol lewat aksi Ivan Rakitic.

Kerja sama apik di sektor sayap, di mana bola diteruskan kepada Andres Iniesta, yang lolos dari penjagaan Arturo Vidal. Gelandang Barcelona itu langsung menyontek bola untuk dituntaskan Rakitic dengan tendangan kaki kiri. Gianluigi Buffon sedikit telat dalam menepis bola dan gawangnya pun jebol.

Juventus langsung merespon. Tiga menit pascakecolongan, Alvaro Morata mendapat kesempatan memberikan umpan ke tengah untuk ditendang Vidal dari luar kotak penalti. Hanya saja arah bola masih tipis di atas mistar.

Di menit 13, Lionel Messi beraksi, tapi bukan dengan tendangan ke gawang. Calon kuat pemenang Ballond’Or 2016 itu melepas umpan, yang masih gagal dituntaskan Neymar.

Berikutnya, Buffon melakukan penyelamatan heroik. Bola tendangan Dani Alves, yang mendapat sodoran umpan dari Luis Suarez, berhasil ditepisnya dengan satu tangan. Berkelas!

Juventus masih berada dalam tekanan di menit berikutnya dengan Rakitic memaksimalkan umpan Jordi Alba. Gawang Juventus masih aman.

Tapi Juventus juga sesekali bisa menekan. Umpan Morata di menit 17 bisa digagalkan Javier Mascherano. Bek Argentina itu juga mementahkan peluang yang diciptakan Pogba setelahnya.

Di menit 25, Claudio Marchisio melepas tendangan keras dari luar kotak penalti. Hanya saja arahnya masih sedikit terbang dari gawang Marc-Andre ter Stegen.

Di menit 40, Luis Suarez mendapat kesempatannya. Tapi dua kans yang dimilikinya hanya berujung pada kegagalan menambah keunggulan Barcelona.

Tak ada tambahan waktu di babak pertama dan Barcelona akan memulai paruh kedua dalam situasi memimpin 1-0 atas Juventus di Olympiastadion, Berlin.

Babak II

Barcelona memulai babak kedua dengan kesempatan pertama dimiliki Luis Suarez. Tapi Buffon masih sigap mengamankan gawangnya di menit 49.

Messi masih melanjutkan start meyakinkan Barcelona dengan kerja sama apik bersama Neymar. Namun Luis Suarez sebagai eksekutor akhir gagal mengarahkan bola ke gawang Juventus.

Juventus akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit 55. Tekanan yang dilakukan Marchisio dimaksimalkan dengan baik oleh Tevez, dengan melakukan tendangan memutar. Bola masih bisa diblok ter Stegen, tapi rebound bisa diteruskan Alvaro Morata dengan sempurna. Skor kembali sama kuat 1-1.

Juventus semakin bersemangat memberikan tekanan. Morata mendapat kesempatan lain dengan menyambut umpan silang Pirlo, tapi gagal mengarahkan bola ke gawang.

Tevez ikut memberikan tekanan ke gawang Stegen di menit 62, tapi tendangannya masih kurang tepat sasaran. Sementara tendangan Pogba tiga menit berselang berhasil diamankan kiper Barca dengan baik.

Di menit 68, Barcelona berhasil kembali memimpin. Diawali aksi Messi, pemain Barcelona itu melepas tendangan keras ke arah gawang Juventus. Buffon sigap menepis bola, tapi Luis Suarez datang dengan cepat untuk meneruskan si kulit bundar ke gawang.

Tiga menit kemudian, giliran Neymar menjebol gawang Buffon, dengan menanduk bola hasil kiriman Jordi Alba. Hanya saja golnya dianulir karena asisten wasit melihatnya melakukan handball. Kans Juventus untuk membalas pun belum habis.

Gerard Pique mendapat kesempatannya di menit 83. Hanya saja tendangannya di depan gawang Buffon arahnya terlalu ke atas dari mistar.

Memasuki masa injury time dengan lima menit tambahan waktu, Juventus terus mencoba menekan, salah satunya lewat tendangan Tevez, meski belum begitu mengancam gawang ter Stegen.

Di penghujung laga, lewat serangan balik cepat, Barcelona memastikan kemenangan mereka dengan Neymar melesakkan gol ketiga Barcelona ke gawang Buffon dengan tendangan kerasnya. Cuneyt Cakir pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga dengan Barcelona pun keluar sebagai juara.

Kalah dengan Bangga

Claudio Marchisio menilai kekalahan Juventus dari Barcelona di final Liga Champions musim ini bukanlah hal yang memalukan. Menurut gelandang Italia tersebut, pemain Juventus sudah menunjukkan perlawanan yang bagus sepanjang pertandingan.

“Mimpi kami datang ke sini dan bisa menjalani laga sebaik mungkin. Kami tak berhasil menjadi juara, tapi fakta kami memiliki musim yang hebat bertahan,” kata Marchisio, Minggu (7/6).

“Kami bisa bereaksi atas gol cepat mereka dan bermain layaknya tim sejati. Kami punya sejumlah kesempatan, nyaris penalti untuk Paul Pogba, tapi kami tahu Barcelona tim yang hebat.”

“Kami meninggalkan final dengan kepala tegak, mengetahui bahwa kami sudah memberikan segalanya. Sejak awal kami sudah berusaha menutup pemain mereka dari sayap dan Anda tak bisa terus menekan Barcelona selama 90 menit.”

“Di babak kedua kami bisa melakukan sejumlah serangan balik dan membuat mereka kesulitan. Kami bisa membuktikan diri kami. Jika kami bisa mencetak gol untuk memimpin, mungkin hasilnya akan berbeda,” tandasnya. (goal.com/afpjk)

Susunan Pemain:

BARCELONA – Ter Stegen; Dani Alves, Piqué, Mascherano, Jordi Alba; Sergio Busquets, Rakitic (Mathieu 90), Iniesta (Xavi 78); Luis Suárez (Pedro 90), Neymar, Messi

JUVENTUS – Buffon, Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Evra (Coman 89), Marchisio, Pirlo, Pogba, Vidal (Pereyra 80), Tevez, Morata (Llorente 86).

Foto : Ivan Rakitic dan Luis Suarez yang notabene baru bergabung Barcelona pada musim panas, langsung memenangi Liga Champions pada musim pertamanya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments