Bank Dunia Beri Pinjaman US$ 11 Miliar buat Indonesia

by -21 views

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan ada tiga hal yang menjadi fokus Bank Dunia yang bersedia memberikan pinjaman kepada Indonesia. Besarnya pinjaman yang disiapkan mencapai US$ 11 miliar (sekitar Rp 143 triliun dengan kurs Rp 13.000 per dolar AS)

Hal itu dibicarakan dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Kelompok Bank Dunia, Jim Yong Kim. Ketiga bidang itu adalah kesehatan, khususnya kesehatan ibu melahirkan dan gizi balita, perbaikan iklim usaha, serta pengembangan pariwisata.

“Pada intinya, Bank Dunia adalah mitra Pemerintah Indonesia,” kata Bambang Brodjonegoro di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (20/5).

Apalagi, lanjutnya, visi Bank Dunia di bidang pariwisata sejalan dengan rencana Presiden Joko Widodo yang ingin meningkatkan jumlah wisatawan ke Indonesia.

Jim Yong Kim dalam keterangan pers hari ini mengatakan bahwa Bank Dunia siap mendukung Indonesia melalui penyediaan pinjaman hingga US$ 11 miliar. Kim menilai Indonesia dengan segala potensinya memiliki prospek dan masa depan yang baik. Bank Dunia siap menjadi mitra, baik dalam investasi maupun dukungan pembangunan melalui Kantor Perwakilan Bank Dunia yang ada di Jakarta.

“Kami mendiskusikan kerja sama dan kemitraan yang lebih jauh,” kata Kim soal pertemuannya dengan Jokowi.

Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan Bank Dunia didampingi Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. (beritasatu.com)

Ket Fot: Menkeu Bambang Brodjonegoro (kanan) didampingi Presiden Bank Dunia (World Bank) Jim Yong Kim (kiri) memberikan keterangan pers seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, 20 Mei 2015.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments