Barca Bergairah, Muenchen Usung Kebangkitan

by -36 views

Siaran langsung, Kamis (7/5), Pukul 01.45 WIB

BARCELONA — Rabu (6/5) waktu setempat atau Kamis malam WIB akan menjadi hari spesial buat Pep Guardiola. Ya, pelatih Bayern Muenchen ini akan pertama kalinya kembali ke Nou Camp, markas Barcelona selepas meninggalkan klub tersebut dua tahun silam.

Kini Guardiola akan kembali ke Nou Camp sebagai musuh. Dia akan memimpin skuatnya Bayern Muenchen menghadapi mantan pasukannya di Nou Camp di semifinal leg pertama Liga Champions.

Selain menghadapi mantan pasukannya, Guardiola juga akan bertemu dengan rekan setimnya di Barca yakni Luis Enrique yang kini menjadi penggantinya.

Meski akan ada reuni, namun bisa dipastikan tidak akan ada rasa pertemanan di laga nanti. Setidaknya bintang Barca Lionel Messi sudah menebar ancaman.

“Ini laga penting untuk semuanya karena ini semifinal. Tentu saja, penting untuk kami meraih hasil bagus di kandang,” ujar Messi.

Menurut pemain asal Argentina itu, laga nanti dipastikan akan berbeda dibanding pertemuan di semifinal terakhir mereka pada musim 2012/13. Ketika itu Barca kalah dengan agregat 0-7.

“Kami masih ingat pertandingan dua tahun lalu, tapi kali ini pertandingan berbeda dibanding waktu itu,” katanya.

Barca tentunya tidak ingin dipermalukan di kandangnya. Mereka sudah mengantongi modal penting yakni kemenangan telak 6-0 atas Getafe di La Liga akhir pekan lalu. Performa mereka sedang on fire. Lihat saja catatan 20 gol dan hanya sekali kebobolan dalam lima laga terakhir yang mereka lakoni.

Luis Suarez mengatakan, timnya kini sedang bergairah. “Kami bermain luar biasa. Gairah tim sangat besar. Performa seperti ini semoga terus berlanjut di Liga Champions melawan Muenchen,” ujar Suarez.

Sementara itu, penampilan Muenchen sedang turun naik. Meski menghancurkan Porto 6-1 di leg kedua perempat final, Muenchen sempat menelan kekalahan 1-3 di leg pertama.

Penampilan buruk mereka berlanjut ketika harus tersingkir di Piala Jerman usai kalah adu penalti dari Borusssia Dortmund. Ironisnya tidak satupun pemain gagal menyarangkan bola dalam adu penalti.

Mental mereka makin jatuh setelah pekan lalu dikalahkan Bayer Leverkusen 0-2 di Bundesliga.

Ini diperparah dengan krisis pemain yang mereka alami. Muenchen dipastikan tidak diperkuat Franck Ribery, Arjen Robben, David Alaba, dan Holger Badstuber.

Namun tetap saja Muenchen tidak perlu diremehkan. Guardiola menjadi faktor penting lantaran dia sudah mengenal betul kekuatan dan kelemahan mantan timnya itu. Setidaknya itu peringatan Messi kepada rekan-rekannya.

“Peluangnya seimbang. Pep sudah mengenal kami dengan baik dan kami tahu apa yang diinginkan dari pemainnya. Peluangnya 50-50, kami sudah saling mengenal dengan baik,” ujar Messi.

Mustahil Hentikan Messi

Pep Guardiola mengaku tak bisa menghentikan Lionel Messi jelang lawatan Bayern Munich ke Camp Nou, Kamis (7/5) dini hari WIB nanti. Ia pernah bekerja sama dengan Messi selama empat tahun di Camp Nou dan ia sadar tak bisa menghentikan La Pulga.

“Tak ada pertahanan yang bisa menghentikan Messi. Itu mustahil!” ujar pelatih Bayern tersebut. “Melihat permainannya sekarang, Anda takkan bisa menghentikannya.”

“Bertahan dengan sembilan pemain atau 11 pemain menekan, Anda tak selalu bisa menghasilkan permainan fisik terbaik sepanjang karir Anda, selalu ada naik dan turun, tapi melihat bagaimana ia bermain selama empat hingga lima bulan terakhir, tak mungkin menghentikannya. Ia terlalu hebat.”

“Tentu saja Anda harus menempelnya dan mencoba untuk mencegahnya menerima bola, tapi tak ada sistem atau pelatih yang bisa menghentikan pemain sekaliber dia,” pungkas Guardiola. (afp/goal.com)

Prakiraan Pemain
Barcelona: Ter Stegen; Alves, Pique, Mascherano, Alba; Busquets, Rakitic, Iniesta; Suarez, Messi, Neymar.
Bayern Muenchen: Neuer; Bernat, Benatia, Boateng, Rafinha; Lahm, Schweinsteiger, Alonso; Thiago, Gotze; Muller

Fakta Menarik
– Barcelona mengemas clean sheet 7 kali (6 menang, sekali imbang) dalam 20 laga kandang di pentas Eropa. Sementara Bayern Muenchen mengemas 8 clean sheet dalam 20 laga tandang Eropa.
– Barcelona gagal mencetak gol dalam dua dari 20 pertandingan Eropa terakhirnya. Catatan yang sama juga dikemas Bayern Muenchen yang gagal mencetak gol dalam dua dari 20 laga tandang Eropa.
– Barcelona hanya pernah sekali menang dalam delapan pertemuan (imbang sekali, lima kali kalah) dengan Bayern Muenchen di pentas Eropa. (*)

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments