Basarnas Kupang Perlu Peningkatan Status

by -25 views

KUPANG — Ketua Komisi V DPR Fahri Djemi Francys mengharapkan dengan luasnya perairan Nusa Tenggara Timur, serta banyaknya pulau-pulau yang tersebar di provinsi itu, maka ke depannya Kantor Basarnas di Kupang dapat ditingkatkan statusnya menjadi kelas A.

“Tentunya peningkatan status dari kelas B ke A tersebut harus didukung dengan sarana dan fasilitas yang ada,” katanya seusai mengikuti acara penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Provinsi NTT dan Basarnas Pusat di Kupang, Rabu (15/4).

Ia menjelaskan, sarana prasarana merupakan hal terpenting untuk meningkatkan status dari kantor Basarnas Kupang, sebab jika dilihat dari wilayah geografis di NTT maka kebutuhan akan fasilitas sangat diperlukan.

Politisi Gerindra itu juga mengharapkan, pihak Basarnas Kupang yang wilayah kerjanya mencakup seluruh NTT tersebut dapat mempersiapkan fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung peningkatan status kantor itu.

Ia menambahkan, selain pos di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur yang disampaikan oleh Kepala Biro Hukum dan Kepegawaian Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Agung Prasetyo, NTT juga memiliki dua pos lainnya yakni di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dan Maumere, Kabupaten Sikka.

“Namun, pos Basarnas yang ada saat ini masih sangat kurang jika melihat geografis NTT yang terdiri dari banyak pulau ini,” tambahnya.

Selain itu, untuk penambahan fasilitas seperti kapal, ia mengatakan akan langsung meminta kepada Kepala Basarnas Marsdya TNI FH Bambang Sulistyo, agar salah satu kapal SAR bertipe 40 dapat ditempatkan di NTT. Sebab, kapal yang dimiliki oleh Basarnas Kupang saat ini, menurut Francys, hanya bertipe 28 dan merupakan kapal bekas dari Papua.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan Kepegawaian Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Agung Prasetyo juga akan mengusulkan agar salah satu kapal bertipe 40 itu dapat dikirim ke NTT untuk mengantisipasi adanya bencana di NTT.

Sebelumnya, Pemprov NTT telah melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan pihak Basarnas, yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan dan fasilitas Basarnas untuk masyarakat NTT. (sp/jk)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments