Disdukcapil Alor Terbitkan KTP Seumur Hidup

by -284 views

Kalabahi, mediantt.com — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Alor saat ini menerbitkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berlaku seumur hidup. Proses penerbitan pun hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Bagi warga yang belum memiliki KTP, bisa mengurusnya di Disdukcapil Kabupaten Alor.

Sekretaris Disdukcapil, Iskandar Lakamau,SH,M.Si kepada media ini Jumat (27/3/15) mengatakan, saat ini warga Alor bisa mengurus KTP seumur hidup. Menurut dia, dalam kepengurusan administrasi kependudukan tidak dibebankan biaya, kecuali terdapat kelalaian dari masyarakat. “Saat ini warga bisa mengurus data kependudukan termasuk KTP yang berlaku seumur hidup. Pengurusan KTP pun gratis dan hanya memakan waktu beberapa menit. Program ini kami sudah berlalukan sejak 1 Januari 2015,” katanya.

Dia menyebutkan, dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 16 Tahun 2014 tentang Administrasi Kependudukan, juga telah diatur semua syarat, ketentuan dan sanski terkait pengurusan administrasi kependudukan. Menurut Lakamau, setiap anak setelah 60 hari dilahirkan wajib membuat akta kelahiran. Sebab, diatas 60 hari akan dikenakan denda atau sanksi. Begitu pun kepengurusan dan pencatatan sipil lainnya.

Dia menuturkan, pencatatan administrasi kependudukan juga telah diatur sesuai dengan Undang -undang Nomor 23 tahun 2006, yang diubah dengan UU Nomor 24 Tahun 2013 tetang Penyelelenggaraan Administrasi Kependudukan. “Di dalam itu ada hal-hal yang sudah diatur termasuk jangka waktu KTP yang kini berlaku seumur hidup. KTP seumur hidup ini sepanjang tidak ada perubahan tetap berlaku. Kalau ada perubahan baru diubah. Harus dipastikan, satu orang satu KTP untuk satu nomor induk kependudukan (NIK),” katanya.

Kabid Pengelolaan Data, Abdulrahman Sang,S.Sos,M.Si menambahkan, pencetakan KTP elektronik yang selama ini perekaman dan pencetakan di Jakarta, kini bisa dilakukan di kabupaten/kota. Pencetakan ini didukung dengan dana Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Dalam Negeri Dirjen Administrasi Kependudukan.

Menurut Man Sang, pengurusan administrasi kependudukan saat ini gratis, kecuali ada kelalaian dan kesalahan secara sengaja dari masyarakat. Menurut Sang, sejak dari Januari 2015 hingga saat ini, sudah 376 KTP gratis yang dicetak oleh Disdukcapil Kabupaten Alor. “Semua pengurusan untuk mendapatkan akta kelahiran, kartu keluarga dan lain-lain tanpa biaya atau gratis, kecuali itu karena keterlambatan, kelalaian, data salah dan buat ulang itu dikenakan sanski administrasi,” ujarnya.

Dia menambahkan, ke depan pihaknya akan turun ke setiap Kecamatan. Karena, pengurusan administrasi kependudukan saat ini pemerintah harus lebih aktif ke masyarakat. “Ke depan ini kita harus aktif turun ke masyarakat sekaligus kita lakukan sosialisasi,” ujarnya. (joka)

Foto : Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Alor

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments