Besok Gubernur NTT Resmikan Kantor Kopdit CHT Kalabahi

by -96 views

Kalabahi, mediantt.com – Jika tak ada aral, Senin (16/3/2015) besok, Gubernur NTT Drs Frans Lebu Raya dijadwalkan meresmikan kantor Koperasi Kredit (Kopdit) Citra Hidup Tribuana (CHT) Kalabahi, Alor. Gubernur Lebu Raya dan Kepala Dinas Koperasi NTT, dijadwalkan tiba di Kota Kalabahi, Senin pagi sekitar pukul 09.00 Wita. Ketua Sinode GMIT NTT pun turut hadir dalam pengresmian itu.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Kopdit CHT Kalabahi, Drs. Seprianus Datemoly kepada wartawan di Kalabahi, Sabtu (14/3/2015).

Ia menjelaskan, panitia sudah mengeluarkan sejumlah undangan, termasuk undangan untuk Ketua Umum Inkopdit Pusat di Jakarta. Sementara, undangan untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Alor bersama unsur Forkompinda dan pimpinan SKPD, juga telah dibagi oleh panitia. Para pimpinan agama pun akan hadir mengikuti pengresmian Kantor Kopdit yang berdiri dibawah naungan Klasis ini. Rencananya, peresmian dipadukan dengan Rapat Anggota Tahunan (RAT). “Kami sudah koordinasi dengan protokol Gubernur. Bupati Alor, Drs. Amon Djobo juga kami sudah koordinasi lewat ajudan. Beliau saat ini ada di Jakarta dan pulang hari Senin itu juga,” ujarnya.

Ia menyebutkan, Kantor Kopdit CHT Kalabahi berlantai tiga, beralamat di Jln Jenderal Sudirman-Lipa, dikerjakan oleh PT. Pelasakti dengan masa kerja 8 bulan, yang dimulai pada Juni 2014. PT. Pelasakti juga termasuk jejaring dari Credit Union pada Kopdit ini. Pada lantai pertama bangunan megah ini digunakan untuk urusan simpan pinjam. Lantai kedua untuk penginapan, dengan kapasitas 9 kamar, yakni 2 kamar VVIP dan 7 kamar VIP biasa. Sementara pada lantai ketiga, digunakan untuk urusan pelaksanaan pendidikan dan rapat-rapat anggota.

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Alor ini menjelaskan, anggaran untuk pembangunan Kantor Kopdit CHT Kalabahi senilai Rp 4 miliar lebih, yang bersumber dari swadaya partisipasi murni 11.554 anggota, dan sumbangan sisa hasil usaha (SHU) dari masing-masing anggota. Sementara sumbangan dari pihak ketiga, termasuk pemerintah daerah sampai saat ini belum ada.

Ia juga menyebutkan, selain Ketua Umum, Kopdit CHT ini dibantu juga oleh dua Wakil Ketua, diantaranya Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Pdt. M. Kamengmau dan Wakil Ketua Perkreditan, Pdt. Advent Gomang,S.Th. Ada juga Manager Kornelis Mail,ST ditambah 20 karyawan-karyawati. “Kita punya hasil usaha simpanan anggota ada Rp 20 miliar. Pinjaman kepada anggota Rp 17 miliar, pendapatan dalam setahun Rp 1 miliar lebih dan total aset Rp 36 miliar,” ujarnya.

Kopdit CHT Kalabahi dengan motto dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota itu, sebut Datemoly, didirikan pada 27 Februari 2007. Dengan badan hukum, No. 01/BH/XXIV/1/V/2007, tertanggal 16 Mei 2007. Sejak awal berdiri, Kopdit ini hanya memiliki 154 anggota, dengan modal awal Rp 94.154.000. Bangunan yang dilengkapi dengan CCTV itu dibangun diatas tanah berukuran 40 meter x 25 meter. (joka)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments