Pemprov Ajak Investor Kembangkan Komoditas Unggulan NTT

by -20 views

KUPANG — Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Bruno Kupok mengatakan, pihaknya mengajak para investor, baik lokal maupun bukan lokal untuk mengembangkan potensi komoditas yang ada di NTT.

“Potensinya sudah ada, kami hanya menyiapkan, sehingga nanti para investor bisa masuk dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk mengembangkan potensi alam NTT,” katanya di Kupang, Jumat (6/3/2015).

Ia menjelaskan, untuk membuka lowongan pengembangan investasi di NTT, khususnya di Kupang yang satu daratan dengan negara Timor Leste, maka perlu adanya infrastruktur agar para investor dapat mengembangkan usahanya di NTT.

Menurut dia, pemerintah sendiri tidak akan sanggup jika membangun dan mengekspor hasil-hasil NTT ke negara tetangga untuk meningkatkan perekonomian NTT, namun membutuhkan pihak yang memiliki modal yang banyak untuk mengembangkan NTT tersebut.

Disinggung soal bagaimana pemberian latihan bagi importir dan eksportir lokal, ia mengaku akan memberikan pembekalan bagi para importir dan eksportir di NTT agar dapat mengerti.

“Kami fasilitasi seperti memberikan pelatihan bagi investor-investor lokal agar bisa menjalin kerja sama dengan negara tetangga kita dan tahu bagaimana berdagang dengan baik serta menjalin relasi yang baik,” katanya.

Hal ini, menurut Bruno, merupakan perhatian dari pemerintah untuk memfasilitasi memberikan dorongan bagi pihak swasta agar dapat membangun perekonomian NTT.

Menurut dia, potensi-potensi unggulan yang ada di NTT yang harus dikembangkan adalah di sektor perkebunan, pertambangan, serta perikanan yang menjadi aset utama NTT.

Selama ini walaupun NTT tidak memiliki tempat industri namun menurutnya, di tahun 2013 ekspor di sektor Migas mencapai 56.86 persen. Sebab, ia mengaku, selama ini permintaan yang tinggi di bidang sektor migas sangat tinggi, khususnya Timor Leste. (ant)

Ket Foto : Kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Desa Noelbaki, Kabupaten Kupang, NTT.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments