Paus Fransiskus Terima Pengunduran Diri Uskup Dili

by -45 views

VATIKAN — Paus Fransiskus pada 9 Februari telah menerima pengunduran diri Uskup Dili, Mgr Alberto Ricardo Da Silva karena ia telah mencapai usia pensiun.

Uskup Da Silva lahir di Aileu pada 24 April 1943. Ia ditahbiskan menjadi imam pada 15 Agustus 1972. Paus Yohanes Paulus II mengangkatnya sebagai Uskup Dili pada 27 Februari 2004. Pentahbisan uskupnya pada 2 Mei 2004 .

Uskup Da Silva menonjol di antara banyak imam dan biarawati sebelum negara itu merdeka, yang mempertaruhkan hidupnya dalam membela warga dari kekerasan TNI selama perjuangan kemerdekaan negara itu.

Sebagai pastor paroki, ia melindungi para aktivis mahasiswa yang diancam oleh TNI karena dukungan mereka terhadap kemerdekaan Timor Timur. Pada November 1991, gerejanya dikepung oleh pasukan TNI, dan salah satu aktivis mahasiswa di dalam gereja, Sebastião Gomes, dibawa keluar dan ditembak mati.

Pada 12 November 1991, Pastor da Silva mengadakan Misa pemakaman bagi Gomes. Prosesi pemakaman dari gereja ke Pemakaman Umum Santa Cruz berubah menjadi protes demonstrasi damai, ribuan pria, wanita, dan anak-anak mengusung spanduk dan meneriakkan slogan pro-kemerdekaan.

Setelah prosesi memasuki pemakaman, militer melepaskan tembakan, menewaskan sekitar 250 pelayat, termasuk anak-anak berseragam sekolah. Wartawan internasional yang menghadiri upacara itu mengabadikan insiden itu melalui video.

Sejak itu tragedi Santa Cruz menjadi fokus perhatian dunia. Pastor Da Silva dituduh sebagai “dalang” demonstrasi tersebut.

Meskipun ia menegaskan bahwa ia hanya tertarik dalam pelayanan keagamaan, bukan berpolitik, ia berulang kali diancam. Dalam rangka untuk mengamankan dia dari bahaya, atasannya menugaskan dia belajar di Roma. Dia kembali ke Timor Leste setelah beberapa tahun.

Gereja Katolik Timor Timur, yang dipimpin peraih Nobel Perdamaian Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo SDB, berperan dalam perjuangan kemerdekaan negara itu.

Dengan pengunduran diri Xanana Gusmao dari perdana menteri pada 6 Februari, Timor Leste telah menandai akhir dari sebuah era Pejuang Kemerdekaan. (ucanews.com)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments