Anggota Fretilin Dipilih Jadi PM Baru Timor Leste

by -29 views

DILI –Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak akhirnya menunjuk anggota Fretelin yang juga Menteri Kesehatan (Menkes) Rui Araujo sebagai Perdana Menteri (PM) baru menggantikan Xanana Gusmao yang mengundurkan diri.

Stasiun berita Channel News Asia, Selasa, 10 Februari 2015 melansir, Taur Matan Ruak telah menerima pencalonan Rui sebagai PM oleh partai terbesar di parlemen. Nama Rui sebelumnya telah diprediksi menjadi kandidat kuat oleh banyak pengamat akan menggantikan Xanana sebagai PM.
Dia merupakan anggota yang menonjol dari Parti Fretilin dan pernah menjabat sebagai Wakil PM.
Namun, dalam pandangan penulis dan pengamat mengenai Timor Leste, Gordon Peake, tidak banyak yang menduga akan ada rekonsiliasi di kalangan pemerintah.
“Ini sangat tidak biasa dan sama saja seperti Tony Abbott mundur sebagai PM lalu menduduki jabatan sebagai menteri di dalam pemerintahan yang dipimpin oleh Bill Shorten,” ungkap Peake memberi analisis dan dikutip harian Sydney Morning Herald (SMH).
Keputusan Xanana untuk mengundurkan diri bertujuan supaya generasi lebih muda memiliki kesempatan untuk memimpin Timor Leste. Xanana diketahui telah menjabat sebagai PM sejak 2007. (art/jdz)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments