Ada 93 Media Meliput di Setda Provinsi NTT

by -22 views

Kupang, mediantt.com — Biro Hubungan Kemasyarakatan (Humas) Setda Provinsi NTT memverifikasi sejumlah media massa, baik cetak maupun elektronik termasuk online yang selama ini melakukan tugas jurnalistik di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi NTT. Ada 93 media massa yang terverifikasi dan bermitra dengan Biro Humas Setda Provinsi NTT.

“Hari ini kita sama-sama melakukan verifikasi terhadap semua media massa yang meliput di lingkup Setda Provinsi NTT dan bermitra dengan Provinsi NTT,” kata Kabag Pers, Viktor Manek, ketika memandu diskusi soal kemitraan media massa dengan Biro Humas di Aula Bappeda Provinsi NTT, Selasa (20/1/2015).

Kepala Biro Humas, Drs Lambertus L Ibi Riti, MT menjelaskan, sejak memimpin Biro Humas, terdata sekitar seratus lebih media massa yang meliput di Setda Provinsi NTT, namun untuk mendapatkan akurasi data yang valid, Biro Humas mengundang wartawan dari sejumlah media massa itu untuk melakukan pertemuan guna mengevaluasi hubungan kemitraan antara media masssa dan Humas tahun 2014, juga membahas agenda kerja tahun 2015, sekaligus mendata ulang media massa yang bermitra dengan Biro Humas NTT.

“Ini langkah positif yang kita lakukan untuk mensinkronkan perbedaan pandangan dan persepsi antara Humas dan media massa sehingga tidak terjadi lagi kesalahan. Kita bercermin dari kekurangan di tahun 2014 untuk diperbaiki pada tahun 2015,” kata Kepala Biro Humas.

Dalam sesi dialog, banyak wartawan dengan lugas menyampaikan kritik, juga saran konstruktif untuk membangun kemitraan yang lebih bermartabat antara Biro Humas selaku juru bicara Pemerintah Provinsi NTT dengan media massa. Ada yang mempersoalkan alokasi anggaran yang harus proporsional untuk setiap media massa, ada pula yang meributkan lagi soal pemberian penghargaan (award) kepada media tertentu pada saat HUT NTT, 20 Desember 2014 lalu. Namun, semua memberi apresiasi positif terhadap upaya yang dilakukan Biro Humas untuk ‘menertibkan’ semua media massa, termasuk tabloid yang terbit senin kamis.

“Semua kritik dan saran akan menjadi pertimbangan Biro Humas untuk melakukan yang terbaik di tahun 2015. Yang pasti, kita memberi perhatian untuk semua media massa agar kemitraan yang sudah terjalin baik ini tetap jalan dan berdampak bagi pencerdasan masyarakat NTT,” kata Karo Humas, seraya menambahkan, kerjasama dengan semua media massa ini akan dievaluasi pada setiap enam bulan. (jdz)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments