Bedah Robotic Kurangi Resiko Operasi

by -31 views

JAKARTA – Teknologi bedah robotic di gunakan RS Bunda Jakarta sejak 2012 lalu. Teknologi itu digunakan hingga menangani seratus kasus. Rumah sakit pelopor Robotic Surgery, di Indonesia itu melakukan bedak ditangani tim dokter Advanced Robotic and Minimally Invasive Surgery (ARMIS).

Angka nyeri yang rendah dan memberikan kemampuan bagi pasien beraktivitas.”Mengubah anggapan, operasi itu menakutkan bagi pasien,” kata Direktur Pengembangan Produk dan Teknologi, PT Bunda Medik di Jakarta Selasa (2/12).

Dijelaskan Ivan yang juga tim ARMIS, penanganan tersebut awalnya banyak tidak diketahui. Banyak keuntungan dengan bedah robot. Memberikan pemahaman pada pasien manfaat bedah menggunakan robot dilakukan intensif hasilnya menggembirakan.

Sekarang tingkat kesadaram pasien bedah robotic meningkat.”Cara alternatif mengurangi risiko operasi,” katanya. Tindakan itu efektif, efisien dan menguntungkan bagi pasien karena dapat mengurangi luka sayatan (kosmetik).

Meningkatkan ketepatan dan akurasi yang tinggi sehingga memberikan hasil operasi yang optimal. Selain itu, masih banyak keuntungan dari bedah robotic lainnya.

Mengurangi resiko cedera yang terjadi, memberikan kemudahan untuk dokter bedah. Memastikan adanya kesulitan serta dapat mencakup daerah yang sulit terlihat.

“Terbukti dengan masa pulih yang sangat cepat untuk operasi-operasi yang relatif kompleks selama ini,” ungkapnya. Meskipun teknologi bedah robotic belum dapat dipergunakan pada semua proses operasi terkait biaya, namun teknologi Bedah Robotic terbukti efektif.

Tepat dipergunakan pada kasus-kasus yang kompleks seperti operasi prostat, operasi kista endometriosis, mioma, angkat rahim, kanker rahim dan pembedahan usus. Pembedahan Robotic di RS Bunda Jakarta selama ini menunjukkan rata-rata kepuasan terhadap outcome.

Hasil baik dari sisi pasien maupun dari sisi dokter bedah. Tetapi perlu diingat bahwa tidak ada jaminan sepenuhnya untuk keberhasilan operasi Robotic apalagi bila dilakukan pada operasi beresiko tinggi.

Resiko dan komplikasi operasi akan selalu ada dalam setiap tindakan medis. Namun, diharapkan dengan pembedahan Robotic ini resiko tersebut dapat di minimalisir.

RS Bunda Jakarta ditunjang dengan penyediaan fasilitas berbasis teknologi. Menjadi rumah sakit yang mengakomodir terjadinya pergeseran era digitalisasi. (jp/jk)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments