Perangi Fundamentalis, Paus Fransiskus Serukan Dialog Lintas Agama

by -26 views

Ankara — Paus Fransiskus menggelar kunjungan selama tiga hari ke Turki untuk menyerukan dialog lintas agama menandingi fanatisme dan fundamentalisme. 

Dalam pidato yang disampaikan di Ankara, Paus yang didampingi Presiden Presiden Recep Tayyip Erdogan menyerukan untuk mendorong perdamaian di Timur Tengah yang sudah terlalu lama menjadi ajang perang saudara.

“Dialog yang dapat memperdalam pemahaman dan penghargaan antar keyakinan beagama,” kata Paus dalam konferensi pers seperti dilansir BBC (Sabtu, 29/11)..

Menurut dia, fanatisme dan fundamentalisme, seperti halnya kekhawatiran irasional yang dapat mengembangkan kesalahpahaman dan diskriminasi,. Hal ini butuh untuk ditandingi dengan solidaritas dari seluruh penganut kepercayaan. Untuk itu, dia mendesak tambahan bantuan dari Turki untuk membantu para pengungsi dari Suriah dan Irak.

Setelah bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan di Ankara, Paus dijadualkan berkunjung ke Istanbul untuk bertemu dengan kepala gereja Kristen Ortodoks, Patriark Bartolomeus I, dalam rangka menjembatani antara Katolikisme dan Kristen Ortodoks. Paus juga direncanakan akan mengunjungi Sultan Ahmed, atau tempat beribadah dari abad ke-17 yang juga dikenal sebagai Masjid Biru.

Ini menjadi kunjungan keempat seorang paus ke Turki yang mayoritas berpenduduk Islam,dengan komposisi 80 juta penduduk beragama Islam dan ada sekitar 120 ribu beragama Kristen.(ind/jk)

 

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments