Gedung Putih Diserang Peretas

by -25 views

Aktivitas siber yang mencurigakan terdeteksi dalam jaringan komputer yang digunakan Gedung Putih. Seorang pejabat Amerika Serikat, seperti dikutip dari laman Reuters, Rabu 29 Oktober 2014, mengatakan sudah dilakukan penanganan.
Pejabat yang tidak disebutkan namanya itu menolak menyebut pihak yang diduga bertanggung jawab atas aktivitas siber, yang disebut sebagai jaringan komputer tidak dikenal digunakan oleh beberapa pegawai kantor kepresidenan.
Surat kabar AS, The Washington Post, mengutip sumber yang menyebut aktivitas dilakukan peretas yang bekerja untuk pemerintah Rusia selama beberapa pekan terakhir. “Aktivitas apa pun adalah sesuatu yang kami tanggapi serius,” kata pejabat Gedung Putih.
Pejabat itu menyebut aktivitas siber sudah berhasil dihentikan, tetapi ada langkah-langkah yang masih dilanjutkan. Pejabat Gedung Putih lainnya mengatakan pada Reuters bahwa tidak ada indikasi bocornya jaringan rahasia.
Sementara itu, seorang pria yang ditangkap setelah melompati pagar Gedung Putih, Rabu 22 Oktober, diketahui bernama Dominic Adesanya dari Bel Air, Maryland. Pemuda berusia 23 tahun itu disebut tidak membawa senjata.
Juru bicara Agen Rahasia Amerika Serikat (AS), Edwin Donovan yang dikutip Reuters hari ini, mengatakan pelaku melompati pagar utara Gedung Putih pada pukul 19.15 waktu setempat atau Kamis 23 Oktober pukul 06.15 WIB. Dia berhasil dihentikan oleh anjing penjaga.
Pada rekaman video tampak Dominic memukul anjing-anjing penjaga yang mengejarnya. Donovan mengatakan dua anjing penjaga telah dibawa ke dokter hewan untuk menjalani pengobatan atas luka yang dialami.
Pelaku telah diminta keterangan selama 90 menit, tapi Donovan tidak menjawab apa motif penyusupan yang terjadi hampir bersamaan dengan insiden penembakan di Kanada yang menewaskan seorang tentara.
Insiden itu juga merupakan yang kedua dalam sebulan terakhir. Sebelumnya seorang pria bersenjata ditangkap karena berusaha menyusup ke Gedung Putih, September, yang berbuntut dengan mundurnya Direktur Agen Rahasia Julia Pierson pada awal Oktober. (viva.co.id)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments