Sejumlah Prestasi prestisius membanggakan terus saja diraih Bank NTT. Bank dengan motto ‘Melayani Lebih Sungguh’ ini, pada tahun 2014 ini, kembali mendapat penilaian dari Majalah Bussines Review, sebagai Bank Daerah Terbaik Keempat di Indonesia. Juga, meraih Juara Lima Kategori Pemasaran dan Pelayanan BUMD Terbaik Tahun 2014. Luar biasa!

“Tahun ini kita (Bank NTT) mendapat penilaian dari Majalah Bisnis Review sebagai Bank Daerah Terbaik keempat di Indonesia tahun 2014. Selain itu, mendapat Juara Lima Kategori Pemasaran dan Pelayanan BUMD Terbaik tahun 2014,” tutur Direktur Utama Bank NTT, Daniel Tagu Dedo, SE, kepada wartawan di Kantor Utama Bank NTT, Jln Lalamentik Kupang, 22 September lalu.

Ia mengatakan, penghargaan lain diterima Gubernur NTT, Drs Frans Lebu Raya, yang mendapat pengahargaan sebagai Pembina Bank Daerah Terbaik keempat Tahun 2014. “Tiga buah pengahargaan ini sebagai bentuk kerja keras para karyawan Bank NTT, juga berkat dukungan dari masyarakat NTT, para pemegang saham serta stakeholder yang setia memberi kepercayaan dan dukungan kepada Bank NTT,” tegas Tagu Dedo. Penghargaan itu diterima Dirut Tagu Dedo didampingi Direktur Umum Adrianus Ceme,SE, dan Kepala Devisi Perencanaan dan Corporate Secretary, Drs. Nasaarudin, di Financial Club-Graha Niaga Jakarta, pada 16 September lalu.

Kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk memberi apresiasi dan penghargaan tertinggi kepada BUMD dan CEO (chief Executive Officer) BUMD terbaik di Indonesia, terutama yang berpartisipasi dan telah berhasil meningkatkan kinerja BUMD. Juga mempu memberikan konstribusi yang besar bagi pembangunan perekonomian daerah dan nasional. “Proses penilaian dilakukan secara ketat,obyetif,independen dan komprehensif melalui beberapa tahap, antara lain, mengisi dan menjawab quesioner untuk bidang kategori yang dikompetisikan,” terang Tagu Dedo.

Ia menambahkan, finalis yang lolos seleksi quesioner diundang dalam wawancara penjurian. Dalam tahap ini, kata dia, dewan juri melakukan tanya jawab dan pengalaman untuk mengetahui peningkatan dan inovasi yang telah dilakukan.

164 Kantor Cabang

Tagu Dedo juga menjelaskan, kriteria utama yang digunakan untuk menentukan pemenang adalah BUMD yang memiliki kinerja terbaik tahun 2013 dan memiliki data pertumbuhan kinerja 2012 sampai 2014 yang terbaik di bidang keungan, pemasaran, human capital dan menajemen kinerja. “Data keuangan yang dinilai adalah laporan keuangan 2012 dan 2013,” ujarnya. Menurutnya, BUMD dan CEO BUMD yang mampu meningkatkan daya siang melalui inovasi dan terobosan yang telah dilakukan dari tahun 2012-2013. Juga BUMD dan CEO BUMD yang telah berhasil memberikan kontribusi maksimal bagi pembagunan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di deerah dan nasional. Karena itu, sebut dia, setelah melewati tahapan atau proses penilaian, Bank NTT akhirnya mendapatkan dua penghargaan itu, yakni Juara Empat Kategori Bank Daerah Terbaik 2014 dan Juara Lima Kategori Pemasaran dan Pelayanan BUMD Terbaik 2014.

Tak cuma itu. Pada 8 Oktober 2014, Bank NTT juga menerima penghargaan dari Tempo Grup sebagai bank yang harus tumbuh selama lima tahun terakhir. “Kita sudah mendapat surat pemberitahuan,” katanya. Kata Daniel, selama lima tahun ini bank ini telah membuka 110 kantor. Dari 54 kantor ini menjadi 164 kantor. Berarti tiap tahun menajemen mampu membangun 20 kantor dalam kondisi yang sehat. “Sebaran kantor utama pada daerah-daerah terpencil,” katanya.

Terus Tingkatkan

Sementara itu, Direktur Umum Bank NTT, Adrianus Ceme, mengatakan, ke depan Bank NTT perlu manghadirkan Infomatoin and Technology (IT) yang handal selain strategi bisnis yang handal pula. Semua ini, kata Ceme, demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memenuhi tuntutan era. Sebab, kata dia, masyarakat harus enjoy dalam memanfaatkan setiap produk bank seperti SMS atau e-banking. “Kita akan terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dari aspek kualitas di semua level,” katanya. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada media massa yang telah melakukan sosialisasi tentang bank ini sehingga perkembangannya selalu diketahui oleh masyarakat. “Bank NTT tak hanya mengajar profit atau keuntungan tetapi juga membawa misi mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Program bank juga bersinegri dengan program pemerintah provinsi, kabupaten dan kota,” jelas Ceme. (*/jk)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of