Waspadai Gelombang Laut di Wilayah Perairan NTT

KUPANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang mengingatkan operator pelayaran dan nelayan untuk mewaspadai gelombang laut di wilayah perairan Nusa Tenggara Timur dalam beberapa hari ke depan.

“Kami meminta para operator pelayaran dan nelayan untuk tetap waspada terhadap potensi angin kecang yang disertai gelombang tinggi di wilayah perairan NTT dalam beberapa hari ke depan,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun El Tari Kupang Ota Welly Jenni Thalo di Kupang, Kamis (29/11), terkait prakiraan cuaca di wilayah perairan NTT.

Menurut dia, gelombang setinggi 2,0 meter berpotensi terjadi di laut Sawu bagian selatan, perairan Samudera Hindia selatan NTT. Selain itu perairan selatan Pulau Sumba, dan di perairan selat Sumba.

BMKG juga memprediksi, cuaca di tiga perairan ini untuk selat Sumba berpotensi hujan ringan dengan arah angin variabel-barat. “Perairan selatan Pulau Sumba diprakirakan berpotensi hujan disertai petir dengan arah angin barat daya-barat,” katanya.

Sedangkan cuaca di Samudera Hindia selatan berpotensi terjadi hujan ringan dengan arah angin barat d8a88ya-barat.

Sementara itu, gelombang setinggi 1,5 meter diprediksi terjadi di selat Sape, dan perairan selatan Kupang-Pulau Rote, dan laut Timor selatan NTT.
8 Gelombang ting88gi di NTT akibat Swell
Baca juga: Sepuluh rumah warga di Sikka rusak diterjang gelombang . (ant)