Wagub Nae Soi Pastikan 1.761 Peserta CPNS di NTT Ikut SKB

KUPANG, mediantt.com – Ini kabar terbaru yang ditunggu-tunggu para peserta CPNS di NTT yang tidak lolos passing geade. Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, memastikan bahwa 1.761 peserta CPNS siap ikut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang dijadwalkan awal atau pertengahan Desember 2018.

“Iya, jadi ada sekitar 1.761 peserta di NTT akan diikutsertakan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahap lanjutan atau Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang  diperkirakan pada awal atau pertengahan Desember 2018,” kata
Wagub Nae Soi kepada wartawan di Kupang, Minggu (25/11/2018) malam.

Menurut Wagub, sudah ada keputusan dari Menpan RB untuk melakukan perangkingan terhadap peserta seleksi CPNS yang akan mengikuti seleksi kemampuan atau kompetensi bidang.

“Untuk jumlah ditentukan dengan kuota formasi dikali tiga. Untuk NTT formasi 587 dikalikan 3 maka 1.761 peserta yang akan ikut tes berikut,” sevut Nae Soi.

Ia juga menjelaskan, seleksi kemampuan bidang atau kompetensi bidang itu meliputi antara lain tes bidang jabatan atau formasi yang dilamar, tes kesamaptaan dan wawancara. “Itu antara lain materi yang akan diuji pada seleksi tahap berikut. Tes ini tidak lagi menggunakan passing grade,” katanya.

Waktu pelaksanaan seleksi, lanjut Wagub Nae Soi, sesuai hasil pertemuan di Menpan RB bahwa seleksi kemampuan bidang itu dijadwalkan pada awal atau pertengahan bulan Desember.

Menurut dia, hasil ujian ‎atau seleksi kompetensi dasar (SKD) banyak yang tidak mencapai passing grade, bukan saja di NTT tapi hampir di seluruh Indonesia, karena itu Menpan RB akan menurunkan passing grade dari masing-masing komponen.

“Jadi total nilai yang akan diakomodir itu standarnya 255,” katanya. (*/jdz)