Headline

Victory-Joss Pastikan Air dan Listrik Tuntas Lima Tahun Pertama

Waingapu, mediantt.com – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Nae Soi berjanji akan membawa NTT lebih sejahtera dari saat ini. Untuk itu, Viktpr mengajak semua masyarakat untuk bangkit bersama menuju NTT yang lebih baik. Dan, dua masalah pokok, yakni air dan listrik, dipastikan tuntas pada lima tahun pertama kepemimpinan jika dipercayakan rakyat NTT.

“Bangkit yang kami usung sebagai spirit pembangunan adalah ajakan kolektif untuk bangkit bersama menuju NTT sejahtera,” kata Viktor Laiskodat di hadapan kurang lebih 30 ribu massa, saat deklarasi Paket Victory-Joss di lapangan Matawai, Waingapu Sumba Timur, Sabtu (6/1/2018).

Menurut politisi Partai NasDem ini, ajakan kebangkitan ini memang harus digerakan oleh pemimpin yang punya kecerdasan dan jaringan, juga grand desain pembangunan yang berbasiskan hasil riset.

“Kebangkitan ini harus lahir dari pemimpin yang berpikir global dengan rekam jejak yang baik. Saya ajak kita bangkit bersama untuk merubah masa depan NTT dengan grand desain pembangunan yang jelas dan terukur,” kata Viktor yang juga Ketua Fraksi NasDem DPR RI ini.

Viktor mengatakan, ada dua persoalan di NTT yang harus diselesaikan segera karena menjadi kebutuhan utama manusia. Kebutuhan tersebut adalah air dan energi.

“Kebutuhan dasar manusia ada tiga. Yang pertama adalah udara. Tanpa udara manusia akan mati dan itu sudah disiapkan gratis oleh Tuhan. Dua kebutuhan lain yang harus kita urus yakni air dan listrik” kata Viktor, didampingi Cawagub Josef Nae Soi.

Walaupun air adalah kebutuhan dasar manusia, namun hingga saat ini belum ada grand desain dari pemimpin NTT bagaimana menjawab kebutuhan tersebut lewat program yang nyata. Jika dirinya diberi kesempatan kata Viktor maka dia akan menjawab kebutuhan tersebut.

“Manusia sudah hidup di bulan tapi kita masih bermasalah dengan air. Ini adalah kesalahan terbesar pemerintah terhadap rakyat dimana mereka tidak memikirkan pemenuhan kebutuhan dasar tersebut. Kita akan urus persoalan air itu jika masyarakat NTT memberi kami kepercayaan. Kami akan tuntaskan dalam lima tahun pertama,” tegas Viktor Laiskodat.

Masalah kedua, sebut Viktor, adalah pemenuhan kebutuhan terhadap listrik. Hingga saat ini, baru 60 persen rumah masyarakat NTT yang sudah menikmati listrik. Dengan kebutuhan listrik yang memadai maka bisa membangun berbagai industri di NTT.

“Jika persoalan air dan listrik kita sudah atasi maka NTT akan mengalami lompatan yang jauh dari berbagai keterbatasan,” ujar Viktor.

Viktor juga punya obsesi besar untuk menjadikan pariwisata sebagai lokomotif utama pembangunan NTT jika dipercayakan memimpin NTT. “Hasil riset yang saya lakukan di 44 titik destinasi wisata di NTT, menunjukkan bahwa ke depan lokomotif pembangunan ekonomi adalah pariwisata. Namun, budaya pariwisata yang baik perlu dibangun dengan baik sehingga industri pariwisata yang kita impikan bisa terwujud.

“Kita akan desain pembangunan pariwisata NTT secara baik dan tim saya yang terdiri dari para profesor sedang bekerja membuat grand desain itu. Prinsipnya, kita kerja dengan riset agar tidak meraba dalam kegelapan,” tegas VBL, dan menambahkan, aspek lain pun tetap mendapat prioritas untuk dikelolah demi kemajuan NTT. “Semua aspek kita akan desain secara baik pula,” ujarnya.

Deklarasi Victory-Joss dihadiri seluruh partai pengusung, dan disemaraki dengan goyang hot pedangdut Inul Daratista. (jdz)