Victory-Joss Diterima sebagai Anak Tanah di Raijua

RAIJUA – Pasangan Cagub-Cawagub NTT yang diusung Nasdem, Golkar, Hanura dan PPP, Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi, semlatkan diri mampir di Pulau Raijua. Tak ada jadwal kampanye di sana, tapi Viktor hanya ingin bertemu saudara-saudaranya di Raijua, termasuk orang tua angkatnya. Dan, Victory-Joss diterima sebagai anak tanah Raijua.

Tiba Kelurahan Ledeunu, Kecamatan Raijua, Selasa (6/3), Viktor dan Nae Soi diterima dengan suguhan makanan khas wilayah itu. Menariknya, Victory-Joss disuapi gula dan kacang hijau, juga tuak manis oleh masyarakat setempat. Viktor dan Nae Soi disuapi langsung oleh orang tua angkat Viktor Laiskodat, Benyamin Pidi.

“Bagi orang Sabu Raijua, kacang hijau memiliki simbol dan makna yang mendalam. Bukan hanya sebagai makanan pokok orang Sabu Raijua tapi kacang hijau dan gula juga bermakna sebagai lambang kehidupan dan penerimaan dengan tulus. Kami menyuapi gula dan kacang hijau sebagai tanda kami menerima Pak Viktor dan Pak Josef sebagai anak tanah dan saudara kami di Raijua ” kata Benyamin Pidi.

Benyamin Pidi mengakui bahwa ketika mendengar Viktor Laikodat akan maju bertarung di Pilgub NTT, ia bersama keluarga besar di Raijua bermimpi akan bisa bertemu dengan Viktor Laiskodat setelah puluhan tahun tidak bertemu lagi.

“Ketika dengar mau maju Pilgub kami senang dan berdoa kepada Tuhan untuk perjuangan yang sedang dijalani oleh Pak Viktor,” ungkap Benyamin.

Kehadiran Victory-Joss di Pulau Raijua bukan untuk kampanye. Tapi hanya sekedar singgah untuk bertemu orang tua angkat Viktor Laiskodat sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Sumba untuk kampanye terbatas.

Viktor Laiskodat mengaku bahagia bisa menginjakkan kaki di Pulau Raijua setelah sekian lama. Dia berjanji ketika datang untuk kampanye di putaran berikut akan tidur dan membuat acara pedoa di Raijua.

“Ini kan bukan datang untuk kampanye. Saya hanya tidak sampai hati sudah sampai Sabu tapi tidak singgah melihat saudara-saudari yang ada di Raijua. Untuk itu saya minta biar kita singgah sebentar saja sebelum lanjut ke Sumba. Nanti saat putaran berikut saya datang kampanye di Raijua baru saya bermalam disini dan kita buat acara pedoa,” kata Viktor.

Usai melepas rindu dengan keluarga di Pulau Raijua, Viktor Laiskodat dan Josef Nae Soi bersama keluarga dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Pulau Sumba dengan kapal ferry cepat Chantika Express 77. (tim media/jdz)