Headline

Tujuh Parpol Antar Paket MJ Daftar ke KPU Ende

Ende, mediantt.com – Hari kedua pendaftaran di KPU Ende hanya ada satu pasangam calon yang mendaftar, yakni bakal calon bupati dan wakil bupati Marselinus YW Petu-Djafar Achmad atau paket MJ.

Seperti yang disaksikan, Selasa (9/1), paket MJ dihantar 7 partai pengusung, relawan, simpatisan dan tokoh masyarakat di Kabupaten Ende.

Sebelum menuju kantor KPU Ende, ketujuh partai pengusung yakni Golkar, PDI Perjuangan, Nasdem, PKPI, PKB, PKS, dan Demokrat, menggelar deklarasi bersama di Sekretariat Jalan Nangka Ende disaksikan seluruh komponen masyarakat pendukung MJ.

Kepada wartawan di kantor KPU Ende, bakal calon bupati Ende Marselinus YW Petu mengatakan, target mengikuti pemilihan kepala daerah yakni menang. Karena itu, dengan ketujuh partai pengusung yang memiliki 21 kursi ditambah kerja-kerja tim, ia merasa yakin akan meraih kesuksesan.

“MJ telah bekerja empat tahun, hasilnya masyarakat sudah lihat sendiri. Karena itu, tekad kami menang. MJ sudah banyak berbuat, dan kini sudah dirasakan rakyat Ende,” kata Marcel.

Ditanya soal kemungkinan head to head dengan Paket Don Wangge-Munawar (WM),  Marsel menuturkan, itu hal yang biasa dalam sebuah proses politik.

“Kalau memang terjadi demikian itu merupakan hal biasa dan menjadi pertarungan legendaris. Ini biasa dalam politik,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim pemenangan paket MJ, Yustinus Sani mengatakan, kemenangan menjadi akhir dari kompetisi ini. Ia berkeyakinan MJ akan meraup suara sebanyak 70 persen.

“Kami yakin menang dengan prosentase 70 persen. Karena itu kami akan gerakan mesin partai, relawan untuk bekerja maksimal,” kata politisi PDI Perjuangan.

Ketua KPU Ende, Florentinus H Wadhi menyampaikan syarat dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon. Menurut dia, jika tidak bakal calon akan gugur dengan sendirinya.

“Mudah-mudahan bisa lengkap untuk persyaratan sehingga bisa dinyatakan lolos,” ujar Budhi.

Dia menyebutkan, jika demikian bakal pasangan calon sudah bisa memeriksakan kesehatan yang ditunjuk KPU Ende yakni di RSUD Kupang.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh divisi tekhnis Pilkada KPU Ende yang dipimpin Komisioner Djamal Umar dan disaksikan Panwas Ende, berkas persyaratan dinyatakan lengkap.

“Kami nyatakan berkas persyaratan lengkap, namun ada beberapa dokumen yang harus kami verifikasi lagi di tingkat pusat,” ujar Djamal Umar.

Usai pendaftaran, paket Marsel-Djafar melakukan konvoi keliling kota Ende. Ratusan sepeda motor dan puluhan kendaraan roda dua turut serta dalam konvoi. Ratusan aparat gabungan Polisi dan TNI turut mengamankan pendaftaran dan konvoi. (lexi)