Headline

Survei LSI, Jokowi-Ma’ruf Unggul di 5 Segmen Pemilih, dari Milenial Hingga Emak-emak

JAKARTA – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (Denny JA) mengungkapkan elektablitas pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo – Ma’ruf Amin mencapai 52 , 2 persen. Sedangkan pasangan pesaingnya, Prabowo Subianto- Sandiaga Uno sebesar 29,5 persen.
Survei yang dilakukan terhadap 1 .200 responden pada 12 – 19 Agustus 2018 ini juga mengungkapkan masih ada 18 ,3 persen pemilih yang merahasiakan atau belum memutuskan pilihannya.

Dari enam segmen pemilih yang dibuat oleh LSI, pasangan Jokowi -Ma’ ruf unggul di lima segmen pemilih. Sedangkan, pasangan Prabowo-Sandi hanya unggul di satu segmen pemilih.

Berdasarkan data publikasi yang diterima mediantt.com, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul telak di segmen pemilih muslim yaitu dipilih oleh 52,7 persen. Sedangkan, Prabowo-Sandi hanya dipilih 27,9 persen pemilih muslim.

Di segmen pemilih non muslim, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul tipis yaitu 47,5persen. Sedangkan, Prabowo-Sandi sebesar 43,6 persen.

Pasangan Jokowi-Ma’ ruf juga unggul di segmen pemilih wong cilik yaitu 54,7 persen. Sedangkan, Prabowo-Sandi sebesar 25,2 persen.

Menurut survei ini, Jokowi-Ma’ruf juga unggul di segmen pemilih emak-emak atau perempuan yaitu 50,2 persen. Sedangkan, Prabowo- Sandi hanya dipilih oleh 30 persen pemilih emak- emak.

Jokowi- Ma’ruf juga unggul pada segmen pemilih kelompok milenial. Pada segmen ini, pasangan ini dipilih 50,8 persen generasi milenial. Sedangkan, Prabowo -Sandi dipilih 31,8 persen.

Pasangan Prabowo-Sandi hanya unggul pada segmen pemilih kaum terpelajar yaitu sebesar 44,5 persen. Sedangkan, pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 40,4 persen.

Survei ini menggunakan metode pengambilan sampel multistage random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error dari survei ini sebesar 2,9 persen. (*/jdz)

Attachment