Relawan Ultras Diharapkan Kawal Program Kerja Victory-Joss

KUPANG, mediantt.com – Salah satu komponen penting di Pilgub NTT 2018 yang turut berandil memenangkan Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi, yang populer disebut Victory-Joss, adalah relawan yang menamakan diri Ultras. Dalam Raker di Kupang, 4-6 Oktober 2018, Gubernur Viktor Laiskodat berharap, Relawan Ultras mengawal program kerja Victory-Joss di berbagai sektor.

“Harapan besar saya sebagai gubernur adalah bagaimana Ultras dapat mengawal program Victory-Joss dalam berbagai sektor. Jadi harus benar-benar pro aktif dan cekatan secara intelektual, bukan sekadar mengawal. Butuh militansi dan komitmen,” tegas Gubernur Viktor, ketika menutup Rakor Ultras di Aula UPT Dinas Sosial Provinsi NTT, Sabtu (6/10).

Menurut dia, ciri khas orang-orang Ultras adalah melihat sampah dan memungut. Sebab bersih adalah sebagian dari iman. “Tapi makna terdalam itu yakni kita memulai belajar dari hal-hal kecil menuju yang besar,” kata Penasehat Ultras ini.

Ia juga memberikan rasa hormat dan terima kasih kepada seluruh pengurus Ultras dari tingkat DPD hingga DPP, yang bekerja keras memenangkan Victory-Joss pada Pilgub 27 Juni 2018 lalu. “Terima kasih dan mari mengawal secara konstruktif program kita selama lima tahun ke depan,” tegas Viktor, mengingatkan.

Ia juga berharap barisan Ultras membantu suksesnya menanam 10 000 pohon kelor (marungga). “Mari kita kerja dan kerja bersama,” ujarnya.

Sinergitas

Ketua DPP Ultras, Nyongky Asadoma mengatakan, Ultras harus diperjuangkan menjadi sebuah wadah yang berbadan hukum. Karena wadah ini diharapkan dapat memberikan sinergitas antara publik dan pemerintah, yang tentunya mendukung program kerja Victory-Joss dalam menjalankan roda pemerintahan lima tahun ke depan menuju NTT Bangkit dan Sejahtera, dengan spirit bersatu dalam keberagaman.

Menurut dia, Rakor tersebut menghasilkan tiga hal strategis yakni struktur organisasi; membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, yang selanjutnya diproses ke Kementerian Hukum dan HAM. Juga, mengawal dan mengkritisi program kerja gubernur dan wagub lima tahun ke depan.

Ketua Ultras Ende, Mikael Prambasa, berharap Ultras menjadi Ormas yang bisa diterima masyarakat. Tapi Ultras tetap independen dan mengedepankan kepentingan masyarakat NTT.

Rakor ini dihadiri 15 delegasi dari 22 kabupaten/kota se-NTT. (roy/jdz)