Headline

Punya Visi Sama, Bupati Lembata Undang Gubernur Hadiri Festival 3G

KUPANG, mediantt.com – Kabupaten Lembata sedang gencar memajukan pariwisata. Salah satu even yang akan digelar akhir bulan ini adalah Festival Tiga Gunung. Karena ada kesamaan visi misi yang memprioritaskan pariwisata, Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur
mengundang Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, untuk menghadiri festival tersebut.

“Saya bersama Wakil Bupati memiliki visi yang sama dengan Gubernur Viktor yakni menjadikan pariwisata sebagai leading sektor pembangunan. Karena itu, kami mengundang Bapak Gubernur NTT yang baru, Viktor Bungtilu Laiskodat untuk menghadiri Festival Tiga Gunung di Lembata yang sedianya digelar pada 22-29 September 2018,” kata
Yentji Sunur yang ditemui media ini usai menghadiri pidato politik perdana Gubernur NTT, Viktor Laiskodat di Gedung DPRD NTT, Senin (10/9).

Bupati Sunur menegaskan, “Jauh sebelum Pak Viktor ingin kembangkan pariwisata di NTT, saya sudah buat itu duluan di Lembata. Jadi ke depannya, kita akan bersinergi bersama Pemerintah Provinsi NTT untuk membangun pariwisata”.

Menurut Sunur, sinergitas yang akan dibangun antara pemerintah Kabupaten Lembata dan Pemerintah Provinsi NTT adalah dalam tataran implementasi kebijakan yang akan melibatkan unsur pemerintahan mulai dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga pusat.

“Tadi saya sudah sampaikan kepada Pak Gubernur untuk jangan lupa tanggal 28 ada puncak acara Festival Tiga Gunung di Lembata. Jadi beliau minta untuk diingatkan terus jangan sampai lupa, termasuk Ibu Gubernur,” ujarnya.

Ditanya soal gagasan Gubernur Viktor Laiskodat untuk menanam marungga atau kelor, Sunur menyatakan dirinya akan memerintahkan seluruh Kepala Desa di Kabupaten Lembata, guna menyiapkan lahan khusus untuk menanam marungga.

“Kita belum tahu berapa lahan yang akan kita siapkan, tetapi saya akan perintahkan seluruh kepala desa untuk siapkan lahan untuk tanam kelor,” tandas Yentji Sunur.

Sementara itu, Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, yang juga hadir dalam pidato politik perdana Gubernur Viktor Laiskodat di gedung DPRD NTT mengatakan, meski menjadikan pariwisata sebagai leading sektor, namun Kabupaten Lembata masih mengalami kendala terutama dalam sektor infrastruktur menuju destinasi-destinasi wisata.

Ia pun berharap agar pembangunan infrastruktur yang dicanangkan oleh Gubernur Viktor bisa menyentuh langsung infrastruktur menuju destinasi wisata khsusunya di Kabupaten Lembata. (ab/jdz)