Headline

PLN Jamin Tak Ada Pemadaman Saat Natal

Kupang, mediantt.com – PT PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) menjamin tidak akan terjadi pemadaman listrik saat perayaan hari raya Natal bagi umat Nasrani di Kota Kupang pada 25 Desember 2015.

General Manager PLN Wilayah NTT, Ricard Safkaur, ketika dikunjungi DPR RI, Farry Francis, Jumat (21/11/2015) mengatakan, pihaknya siap mengamankan pasokan listrik selama Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. PLN mempersiapkan hal-hal demi kontinuitas pasokan listrik.

Ia menjelaskan, pada prinsipnya semua unit pelayanan PLN yang tersebar di seluruh wilayah NTT mulai dari unit PLN level Area, Rayon hingga PLN unit Sub Rayon  pada tingkat kecamatan, selalu siap dan wajib mengamankan pelayanan pasokan listrik kepada masyarakat setiap hari.

Dikatakan, kesiapan PLN Wilayah NTT jangan disalah-artikan, seakan-akan PLN menjamin listrik tidak akan padam. Intinya PLN wajib memastikan pelayanan listrik berlangsung aman, kontinu dan berkualitas.

“Listrik bisa saja padam jika terjadi gangguan di luar kendali PLN, baik di sisi pembangkit atau di sisi jaringan distribusi. Gangguan itu bisa bersifat kejadian luar biasa atau peristiwa alam,” katanya.

Untuk menghadapai hal-hal yang tak terduga tersebut, lanjut dia, PLN menyiagakan unit reaksi cepat untuk mengatasi kejadian tersebut dengan prinsip secepatnya memulihkan kembali pasokan listrik.

Sedangkan untuk penggunaan meteran, ia memberikan kebebasan kepada masyarakat Kota Kupang untuk memilih, apakah akan tetap menggunakan meteran pra bayar atau pasca bayar.

Ia juga mengatakan, untuk sementara waktu pihaknya tidak akan melakukan pergantian meteran di seluruh wilayah NTT. Pergantian meteran dari pasca bayar ke pra bayar tidak akan dilakukan oleh PLN.

“Kami tidak akan paksakan masyarakat untuk menggunakan meteran pra bayar, bahkan tidak akan lagi mengganti meteran. Namun, bagi pasca bayar diharapkan membayar tepat waktu agar tidak terjadi penumpukan biaya meteran,“ katanya. (che)

Ket Foto : Anggota DPR RI Fary Francis bersama anggota DPRD NTT bertemu GM PLN Wilayah NTT membahas masalah listrik di NTT.