Headline

Pesan Ben Mboy untuk Viktor Laiskodat Dibenarkan Woda Pale

Maumere, mediantt.com – Cagub NTT yang diusung Partai NasDem, Golkar dan Hanura, Viktor Bungtilu Laiskodat, memegang teguh pesan politik yang sangat berharga dari mantan Gubernur NTT alm Ben Mboy. 

Pesan Ben Mboy itu diungkapkan Viktor Laiskodat ketika berbicara di Rumah Pemenangan Victory-Joss, Ratu Center, Tambolaka, Sumba Barat Daya, Kamis (4/1/2018).

Menurut Viktor, pesan politik itu disampaikan alm Ben Mboy kepada dirinya saat Pilgub NTT tahun 2013 silam. “Saat itu, Frans Lebu Raya maju lagi periode kedua. Pak Ben Mboy pesan biarkan orang Katolik memimpin dua periode, setelah itu menjadi jatah untuk orang Protestan. Saya memahami pesan itu dan membiarkan Lebu Raya maju periode kedua, karena ada kesepakatan tokoh-tokoh politik NTT seperti Ben Mboy, Hendrik Fernandez dan Daniel Woda Pale,” jelas Viktor Laiskodat yang mengaku sangat mengidolakan gaya kepemimpinan alm Ben Mboy.

Hanya saja, menurut Viktor, kesepakatan itu hanya lisan, tidak ada perjanjian tertulis. “Jadi kalau kita komit dengan kesepakatan para tokoh NTT itu, maka sekarang saatnya orang Protestan memimpin NTT. Tapi kembali kepada kesadaran politik rakyat NTT,” kata Ketua Fraksi NasDem DPR RI ini.

Nah, senada dengan pernyataan Viktor Laiskodat, politisi senior Partai Golkar dari Sikka, Daniel Woda Pale, juga membenarkan adanya kesepakatan tokoh politik NTT di masa lalu itu, tentang membangun NTT dalam bingkai kebersamaan.

“Benar bahwa ada kesepakatan para tokoh politik masa lalu untuk terus menjaga kebersamaan dan kerukunan di NTT. Kesepakatan itu memang tidak tertulis tetapi harus diperhatikan secara serius demi NTT,” kata Woda Pale ketika menerima Cawagub NTT Josef Nae Soi di kediamannya, Maumere, Senin  (8/1/2018).

Mantan Ketua DPRD NTT ini menegaskan, “Saya tahu ada kesepakatan itu, karena itu ketika mendengar bahwa Victor Laiskodat akan maju menjadi Gubernur, saya sangat mendukung, apalagi maju bersama Josef Nai Soi. Kedua orang ini saya kenal sangat baik karena mereka kader terbaik daerah ini”.

Saat itu, Cawagub Nae Soi didampingi Melki Laka Lena, Ketua DPD Partai Golkar NTT dan Kasimirus Kolo Ketua Bidang OKK DPW NasDem NTT.

Woda Palle memberikan apresiasi positif kepada pasangan Viktor Laiskodat dan Josef Nae Soi yang siap maju bertarung dalam Pilgub NTT 2018.

“Saya kenal mereka sangat baik dan saya tahu kemampuan serta integritas mereka, karena itu saya mendukung dan siap memenangkan pasangan ini di Kabupaten Sikka,” tegas mantan Bupati Sikka ini.

Mantan Ketua DPD Partai Golkar NTT ini juga menjelaskan, NTT harus diatur dengan baik sehingga tidak terjadi ketimpangan dalam perjalanan hidup selanjutnya.

“Kalau orang Flores sudah sepuluh tahun memimpin daerah ini, mari kita berikan kepercayaan kepada orang lain untuk memimpin daerah ini sehingga cocok dan selaras dengan kesepakatan para tokoh politik masa lalu itu,”  pesan Woda Pale. (*/jdz)