Pendidikan Ekonomi Undana Gelar Reuni, Seminar dan Bentuk Ikatan Alumni

KUPANG, mediantt.com – Ada gebrakan baru yang dilakukan Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Undana, Jacob Abolladaka, S.Pd, MM. Ia bersama para odosen menggagas reuni, seminar pendidikan dan pembentukan Ikatan Alumni Pendidikan Ekonomi FKIP Undana.

Dalam obrolan dengan mediantt.com, Rabu (13/6) malam, Abolladaka menjelaskan, seluruh rangkaian acara reuni diawali dengan jalan sehat berhadiah pada Sabtu (9/6). Hadiah yang disiapkan antara lain, satu buah sepeda motor laptop, printer, televisi, mesin cuci, seterika, handphone, kipas angin, magicjer, megicom, dispenser dan sejumlah hadiah lainnya.

“Jalan sehat ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bhw kita adalah keluarga besar pendodokan ekonomi yang kompak, sehat, berbudi pekerti, berkarakter dan berbudaya santun,” kata alumni angkatan 1992 ini, dan menyebutkan, yang beruntung mendapat hadiah sepeda motor adalah mahasiswi Semester 4, Katarina Badin.

Dia juga mengatakan, yang paling menarik dari temu alumni ini adalah Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi bertajuk “Meningkatkan Profesionalisme dan Menghasilkan Guru Ekonomi Yang Cerdas, Berdaya Saing dan Berakal Budi”. Seminar nasional ini menghadirkan dua narasumber yakni Dr Petrus Ly, MSi (Dekan FKIP Undana) dan Drs Wiji Purwanta, M.Pd (Ketua Umum Asosiasi Guru Pendidikan Ekonomi Indonesia).

Menurut Kejur, rekomendasi penting dari seminar tersebut adalah para alumni yang adalah guru-guru mampu mendidik karakter anak didiknya, dan mampu bersaing dalam kegiatan olimpiade ekonomi

“Menariknya, dalam seminar itu ada panel diskusi tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh para guru. Hasilnya akan diterbitkan pada Prosiding yg ber-ISBN, sehingga para alumni yang guru itu bisa menggunakan sebagai angka kredit dalam usulan kepangkatan. Jadi prinsipnya, kegiatan reuni ini tidak semata hura-hura tapi outputnya adalah ada karya ilmiah, sertifikat nasional dan kartu anggota alumni serta pembentukan badan pengurus alumni,” jelas Jacob Abolladaka.

Ia juga menambahkan, usai seminar dibentuklah Ikatan Alumni Pendidikan Ekonomi, dengan ketua Haris Akbar, S.Pd, Sekretaris Asa Lathang, S.Pd, dan Bendahara Yuliana Tan, S.Pd. “Kelengkapan pengurus akan diatur oleh pimpinan yang terpilih,” kafa Jacob.

Selain alumni dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi, juga hadir sejumlah dosen dan yang telah purna tugas antara lain, Drs Th Thei, Drs P. Ch Maukl, MS, Drs Chornelis Serangmo, MS, Dra M. Hamatara, Dra Th. S.A. Fpenay, MP, Drs Lede Kete, M.Pd, dan Drs Yoseph Adam Soera.

Salah satu alumni angkatan 1992 Sisca Neolaka yang juga hadir dalam reuni itu menuturkan, keberhasilan yang dialami saat ini adalah bekat bimbingan, dukungan dan arahan dari bapa ibu dosen. ‘Senyum mereka adalah spirit dan obat yang mujarab untuk masa depan kita,” kata Siska Neolaka yang diaminkan Sonya Kase, Morids Bulan dan Hesty. (jdz)