Headline

Pembukaan MTQ ke-XXVII di Flotim Ditandai dengan Pawai Ta’aruf

LARANTUKA, mediantt.com – Ratusan peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang berasal dari 22 kabupaten dan kota se Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan pawai ta’ruf untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ XXVII tingkat Provinsi NTT di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Senin (7/5/2018).

Pawai ta’ruf mengambil titik start di Taman Kota Felix Fernandez, dilepas oleh Ketua LPTQ Provinsi NTT, Jamaludin Achmad.
Pawai ini juga turut diramaikan oleh Marching Band SMPK SMPK Mater Inviolata, SMPK Gabriel dan SMAK Frateran Podor Larantuka.

Dalam sambutannya Jamaludin Achmad mengatakan, Ta’aruf sendiri dalam bahasa arab yang artinya saling kenal mengenal antara kafilah. Karena itu, jelas dia, pawai pada ini mau memperkenalkan para Kafilah kepada masyarakat di Kota Larantuka.

“Pada sore hari ini kita memperkenalkan ke masyarakat di kota Larantuka, bahwa setiap peserta yang berasal dari 22 kabupaten/kota di NTT, turut berpartisipasi secara genap di ajang MTQ ke XXVII tingkat Provinsi di Larantuka,” katanya.

Ia juga mengapresiasi kehadiran peserta MTQ ke XXVII di Flotim Tahun 2018. Karena di ajang MTQ sebelumnya partisipasi  peserta di setiap kabupaten selalu berkurang.

“Terimakasih banyak kepada adik-adik yang berasal dari 22 kabupaten/kota di NTT sudah hadir di Kota Larantuka atau Kota Reinha ini,” katanya.

Pantauan media ini, peserta pawai berjalan kaki mulai dari Taman Kota menuju panggung penghormatan di lapangan bola kaki Lebao, Kelurahan Puken Tobi Wangibao.

Disepanjang jalan utama kota yang dijuluki Serambi Vatikan itu, masyarakat menyemut menyaksikan para peserta berparade. Mereka antusias menyaksikan beragam corak busana adat khas daerah masing-masing kontingen dari seluruh kabupaten/kota se-NTT dalam memeriahkan pawai ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-27 Tingkat Provinsi NTT tahun 2018.

Para peserta pawai ta’aruf hampir semua mengenakan busana adat dari berbagai strata sosial, sehingga tampak indah dan menyedot perhatian masyakat Kota Larantuka. (ola)

Ket Foto : Kafilah asal Kabupaten Sumba Barat turut meramaikan pawai Taaruf di Larantuka. (Foto : ola/mediantt.com)