Headline

PDI-P Resmi Usung Jokowi sebagai Capres 2019

JAKARTA – PDI Perjuangan akhirnya resmi mengusung Presiden Jokowi sebagai calon presiden (Capres) di Pemilu 2019.

Deklarasi pengusungan Jokowi sebagai capres berlangsung dalam rapat kerja nasional (Rakernas) PDI-P di Grand Inna Beach, Sanur, Bali, Jumat (23/2/2018).

Politisi PDI-P sekaligus Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengunggah foto deklarasi Jokowi oleh PDI-P melalui akun resmi twitter-nya.

“Dalam Rakernas III hari ini @PDI_Perjuangan memutuskan pencalonan @jokowi menjadi calon presiden untuk tahun 2019-2024,” tutur Pram, sapaannya, melalui akun twitternya, Jumat (23/2/2018).

Kicauan Pram terkait pengusungan Jokowi sebagai capres disertai dengan tagar #Bant3ngPilihJokowi dan #T3tapJokowi.

Pram juga mengunggah foto Jokowi bersama Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dalam momen deklarasi tersebut.

Terlihat keduanya mengacungkan simbol metal melalui dengan ketiga jarinya.

“Bismillah menang dan mendapatkan dukungan seluruh rakyat Indonesia,” lanjut Pram dalam kicauannya.

Menjelang Rakernas PDI Perjuangan di Bali, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Bogor.

Keputusan PDIP mencalonkan Jokowi ini diumumkan secara resmi dalam rapat kerja nasional ke-III PDIP di Bali.

Megawati dalam rapat itu memberikan pidato di hadapan para kader secara tertutup.

Pembahasan materi rapat juga dilakukan tertutup. Namun sejumlah elite PDIP menulis hasil Rakernas PDIP itu di akun media sosialnya, salah satunya soal pencalonan Jokowi sebagai capres.

Sejauh ini PDIP belum menunjuk siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi. Namun sejumlah nama sudah mengemuka, antara lain Ketua PPP Romarhumuziy, Ketua PKB Muhaimin Iskandar, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.

Salam Metal

Presiden Joko Widodo menghadiri Rakernas III PDIPdi Bali.¬†Dalam acara itu, Jokowi mengacungkan salam ‘metal’ bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Rakernas sendiri digelar pada 23-25 Februari. Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristianto menyatakan rapat itu tak akan mendeklarasikan nama calon presiden maupun calon wakil presiden. Acara itu hanya menyerahkan kriteria untuk kedua jabatan tersebut kepada Jokowi.

Dalam akun resmi @PDI_Perjuangan tampak kehadiran Presiden Jokowi dalam acara tersebut. Tangan kiri Presiden menggenggam tangan kanan Megawati.

Tangan kiri Megawati mengacungkan salam ‘metal’.¬† Sedangkan tangan kanan Jokowi pun membentuk simbol tiga jari. Diketahui, PDIP sendiri mendapatkan nomor urut 3 dalam Pilpres 2019.

Di sisi kanan Presiden, tampak Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Jokowi sendiri berbaju merah, sedangkan Megawati dan Puan berbaju hitam. (cnn/jdz)