Headline

Nasdem Siapkan Saksi, Viktor Minta Kawal Suara agar Tidak Tercecer

Kupang, mediantt.com – Cagub NTT Viktor Bungtilu Laiskodat kepada seluruh anggota Komisi Saksi Nasdem (KSN),  mengapresiasi Partai NasDem yang telah mendesain pelatihan saksi untuk kepentingan Pilgub NTT, Pilkada, Pileg dan Pilpres 2019. Sebab, selama ini saksi selalu menjadi persoalan di setiap kontestasi politik. Untuk itu, dengan saksi yang disiapkan secara efektif, bisa dipastikan bahwa suara Nasdem tidak lagi tercecer atau dicurangi.

“Sebagai kader partai saya baru pertama kali melihat Nasdem mendesain saksi yang baik untuk memenangkan lawan politik sekaligus memastikan bahwa suara Nasdem tidak tercecer,” tegas Viktor yang juga Ketua fraksi Nadem DPR RI ini, saat memberikan pencerahan pada pembukaan Rakersus Pelantikan dan TOT Komisi Saksi Nasdem (KSN) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT di Sekretariat DPW Nasdem NTT, Selasa (16/1/2018).

Menurit dia, persiapan saksi tidak maksimal akan merugikan partai Nasdem dan kader yang dijagokan dalam sebuah kontestasi politik  baik di tingkat lokal maupun nasional.

“Kemenangan  Victory-Joss di Pilgub NTT juga  sangat ditentukan oleh saksi yang bekerja secara baik dalam sistem yang baik. Ini yang harus lebih serius disiapkan agar kita bisa menang,” tandas Viktor.

Ia juga mengingatkan para saksi Nasdem untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan seperti saksi diberi minuman alkohol sehingga tidak bisa mengawal suara Nasdem.

“Kalau saksi sudah dikasih minum, maka tidak bisa lagi mengawal suara Nasdem. Konsekuensinya suara kita akan dicuri apalagi di daerah terpencil. Jadi saya harap saksi Nasdem tidak seperti itu,” tegasnya.

Ia menambahkan, pelatihan saksi ini sangat penting sebab esensi dari sebuah kontestasi politik seperti pilkada, pilgub, plileg dan piplres, sehebat apapun tidak akan sukses kalau saksi lemah. “Kalau saksi lemah maka tidak ada guna,” ujarnya.

Karena itu, Viktor meminta para saksi untuk sungguh-sungguh ikut pelatihan agar bisa memastikan bahwa yang kita coblos itu benar dan dikawal secara baik. “Saksi kita harus bisa membantu kerja panwaslu,” katanya.

Ketua DPW Jacky Ully juga berharap pelatihan saksi Nasdem ini bisa meningkatkan kualitas perolehan suara Nasdem terutama terhadap kader yang diusung Partai Nasdem. “Semoga semua saksi bisa serius mengikuti pelatihan saksi ini agar kita bisa memastikan suara yang kita coblos aman dan calon yang kita usung menang,” kata mantan Kapolda NTT ini.

Ketua Komisi Saksi Nasdem DPW Nasdem NTT, Thom Taebenu yang juga ketua Panitia dalam laporannya mengatakan, Rakersus ini bertema ‘Konsolidasi Konisi Saksi Nasdem untuk mengawal peroleham suara Nasdem pada Pilkada, Pilgub NTT, Pileg dan Pilpres 2019’.

“Ini momentum untuk meningkatkan pengetahuan sebagai saksi untuk mengawasi eksistensi partai dalam proses verifikasi, juga mencegah terjadi kecurangan dalam kontestasi politik di setiap tingkatan,” kata Taebenu.

Rakersus itu juga dihadiri Ketua KSN DPP Nasdem, I Gusti Putu Gede dan sejumlah staf dari Jakarta. (jdz)