Luar Biasa! Warga Tagawiti Nikmati Internet Gratis

TAGAWITI – Warga Desa Tagawiti, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, saat ini dengan mudah mengakses jaringan internet tanpa batas dan bebas biaya. Sarana kaomunikasi yang mampu mengakses jaringan seantero dunia itu dikabarkan kurang berfungsi maksimal akibat gangguan tegangan power perangkat sejak dipasang tahun 2018. Perangkat tersebut kini sudah mulai baik dan beroperasi secara maksimal.

“Saya baru saja kirim berita kepada ibu saya di Kupang bahwa saya lagi ada di kampung Tagawiti. Ibu tersentak kaget dan bertanya heran kalau di Tagawiti sudah ada jaringan internet yang bagus, hingga bisa berkomunikasi dengan Wash App,” cerita Wakil Bupati Thomas Ola.

Ia melanjutkan dalam arahannya, “Saya ucapkan terima kasih pada saudara Andy Rakmat petugas teknisi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika unit Badan Aksesinilitas Telekomunikasi Inforatika (BAKTI) yang telah datang untuk memperbaiki perangkat di Tagawiti,” kata Thomas Ola.

Menurut dia, dengan diperbaikinya peralatan tersebut ia berharap masyarakat dan pemerintah, lembaga pendidikan dan kesehatan semuanya dapat memanfaatkannya untuk apload data dan mencari informasi yang diperlukan.

Informsi dari warga Tagawiti bahwa pemanfaatan terhadap sarana iternet tersebut diatur pemerintah desa setempat dengan pembagian waktu pagi dari jam tujuh sampai jam tiga sore, dilanjutkan pada malam hari dari jam tujuh sampai jam sepuluh malam.

Teknisi dari Kementrian Kominfo Andy Rahmat mengungkapkan, sudah seminggu ditugaskan ke sini. Awalnya unit kerja kami mendapat komplein dari pimpinan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika bahwa perngkat di sini selalu posisi off dan terkesan kurang berfungsi. Kami lalu ditugaskan ke Lembata.

Menurutnya kesalahan utama pada perangkat adalah gangguan powering akibat suplay tegangan ke perangkat yang kurang stabil. Untuk itu pihaknya telah memasang perangkat Solar Rex (pembngkit Listrik tenaga Surya) untuk menstabilkan perangkat agar permasalahan teknis dari peralatan internet ini dapat kembali berfungsi maksimal. (m.molan Kominfo Lbt)