Headline

Lembata Bangga! Musrenbang 2020 Dihadiri Menteri Bambang

LEWOLEBA – Masyarakat Lembata sungguh bangga. Pasalnya, orang nomor satu yang merancang pembangunan di Indonesia, Prof. Bambang Brojonegoro, SE.M.Up.PhD, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI, datang ke tanah Lembata menghadiri, sekaligus menutup Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Lembata Tahun 2020, Jumat (29/3), di Hotel Palm Indah, Lewoleba.

Prof. Bambang didampingi Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, ST.MT dan Wabup, Dr. Thomas Ola, SE.Msc.

Dihadapan Menteri Bambang, para Kepala Desa, dan Kepala OPD, Bupati Sunur menyampaikan, “Puji Tuhan dan terima kasih atas berkat dan anugerah ilahi karena Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, Prof. Bambang dan rombongan tiba di tanah Lembata yang kita cintai. Selamat datang di Leu auq Lewotana Lembata. Pemda dan masyarakat Lembata merasa bangga mendapat kunjungan yang membawa optimisme dan motivasi bagi setiap elemen menyukseskan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Lembata”.

Bupati Sunur menyadari bahwa dengan fiskal yang rendah tentu aktifitas pembangunan sangat tergantung pada biaya negara melalui APBN. Karena itu, Pemda Lembata menyusun kebijakan keuangan daerah dalam struktur APBD, baik tahun 2018 maupun tahun 2019 dengan proporsi 60 persen belanja publik dan 40 persen belanja pegawai secara cermat dan terukur agar mengahasilkan belaja produk yang berkualitas dalam menjawab kebutuhan dasar masyarakat.

Diantanya, sebut dia, melalui optimalisasi pendapatan di segala sektor dan pembangunan yang berfokus pada peningkatan pendapatan serta belanja pada proyek stragegis dan proyek prioritas untuk memacu percepatan pencapaian target kinerja daerah melalui desain kebijakan visi misi yang inovatif, terukur, terstruktur, efektif dan efisien guna mewujudkan Lembata yang berproduktif dan berdaya saing untuk kesejatraan rakyat berkelanjutan.

Sunur juga mengatakan, Musrenbang RPJMD Kabupaten Lembata tahun 2020, dengan prioritas pembangunan: Petama, Peningkatan kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan, pelayanan dasar serta sadar hukum, penataan dan pengembangan SDM ASN, peningkatan pelayanan publik dan peningkatan kinerja perangkat daerah.

Kedua, Percepatan pembangunan infrastruktur yang strategis dan prioritas yaitu jalan dan jembatan, Air bersih ,pertanian dan perikanan, pemantapan dan penguatan konektifitas, transpotasi, enegi dan komunikasi dan penataan kota. Ketiga, peningkatan program unggulan daerah dan daya saing ekonomi melalui pengembangan dan pengeloaan sumber daya pertanian, sumber daya laut, pengembangan dan penataan pariwisata secara terfokus, penguatan ekonomi kreatif UKM, dan BUMDES.

Keempat, peningkatan pendapatan, penguatan kerja sama daerah, pemantapan pengembangan ekonomi wilayah dan pembangunan pedesaan, dengan penerapan prisip pembangunan berkelanjutan dan metigasi bencana. “Kami meminta kepada Bapak Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Kepala BAPPENAS agar dapat melakukan intervensi dana dari pusat untuk membangun Kabupaten Lembata. Kami semuanya berbangga karena Musrengbang RKPJMD Lembata tahun 2020 dihadiri Bapak menteri PPN/ Kepala BAPPENAS,” tegas Bupati Sunur.

Dikatakan, kehadiran Bapak Menteri pasti menjadi saluran berkat bagi daerah ini dengan meningkatkan alokasi anggaran dalam APBN. Sehingga Lembata diberi kesempatan untuk meningkatkan sarana pendidikan yang maksimal, infrastuktur jalan yang humanis, infrasturktur pertaniaan yang bersaing, paling minimal sama dengan saudara-saudara di wilayah NKRI lainya. Diberikan alat tangkap ikan agar keluarga nelayan lebih produktif dan sejahtera. Sarana prasarana kesehatan yang tidak membuat rakyat umur pendek. Stadion olahraga yang lengkap agar warga selalu bugar, energi listrik agar kami dapat melihat benderangnya Indonesia.

“Kami butuh jaringan air bersih dan pipanisasi desa, jaringan komunikasi semacam TOL Langit. Agar kami dapat mengakses hal-hal yang produktif memasuki era industri FOR POIN ZERO. Kami tidak pernah mengeluh kepada siapapun. Namun sangatlah bijak hal-hal ini kami sampaikan agar mendapat berbagai ceritera sehingga spirit membangun NKRI mewujudkan pembangunan dari pinggiran benar-benar dapat mengurangi disparitas pembangunan dan disparitas sosial di Lembata yang selalu bersama-sama dengan Bapak Presiden RI Bapak Haji Joko Widodo.

“Mengakhiri sambutan ini melalui bapak Menteri sampikan salam dan terimakasih kami kepada Presiden RI Bapak Joko Wododo,” kata Sunur (VQ, YM. Tim Dinas Kominfo Lembata)