Headline

Jokowi Janjikan Gaji ASN Dan Pensiunan Naik 5 Persen Tahun 2019

JAKARTA – Pemerintah akan menjamin kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk pensiunan ASN dengan menambah pos anggaran penggajian.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo dalam sidang paripurna penyampaian RUU Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dalam Sidang Paripurna DPR RI di Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8).

Menurut Jokowi, kenaikan gaji itu merupakan tindak lanjut dari kebijakan penggajian yang sudah ada pada tahun anggaran 2018 lalu.

“Pada tahun 2019 Pemerintah akan menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi aparatur negara, serta para pensiunan sebesar rata-rata 5 persen,” kata Jokowi.

Jokowi menyebut kenaikan gaji itu bertujun untuk memberikan motivasi kerja yang lebih baik dari ASN dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Diharapkan, dalam memberikan pelayanan publik bisa lebih baik, mudah, cepat dan transparan, disertai penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik,” ujarnya.

Jika kesejahteraan ASN tercukupi, Jokowi yakin peningkatan kualitas para abdi negara juga akan terwujud.

“Peningkatan kualitas dan motivasi birokrasi terus dilakukan agar aparatur negara makin profesional, bersih dan terjaga kesejahteraannya,” jelasnya. (riol)