Ini Dia Perguruan Tinggi Swasta Terbesar di Kopertis Wilayah VIII

KUPANG, mediantt.com – Ada banyak perguruan tinggi swasta yang berada dibawah payung Kopertis Wilayah VIII (Bali dan Nusa Tenggara). Namun yang terbesar adalah Universitas Warmadewa (Unwar) yang beralamat di Pusat Kota Denpasar, Jln Terompong No 24, Tanjung Bungkak, Bali.

Tak cuma itu, secara nasional, Unwar yang punya moto ‘Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan dan Kepariwisataan’ ini, berada pada ranking 74 dari 4.504 perguruan tinggi di Indonesia.

“Universitas Warmadewa merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbesar yang berada di Kopertis Wilayah VIII yang meliputi Bali dan Nusa Tenggara,” jelas Rektor Unwar, Prof. Dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E, Sp.ParK, melalui Kepala BAPPSIK Unwar, I Made Artawan, SE, MM, kepada wartawan dalam acara Temu Media di Restauran Taman Dedari Kupang, Kamis (17/5/2018).

Made mengatakan, saat ini Unwar mengelola 7 Fakultas dengan 20 program studi, dengan total jumlah mahasiswa sebanyak 10 521 orang, yang berasal dari semua provinsi di Indonesia. Dan, sampai saat ini total alumni berjumlah 27.954 orang.7 Fakultas itu adalah Hukum, Ekonomi, Fisip, Teknik, Pertanian, Sastra dan Kedokteran, ditambah dengan satu program pascasarjana.

Dari jumlah itu, sebut dia, mahasiswa asal NTT mencapai 250 orang. “Target kita tahun ini, ada mahasiswa asal NTT bisa lolos masuk Fakultas Kedokteran,” kata Dewa, dan menambahkan, tenaga dosen Warmadewa mencapai 385 orang, dengan rincian, 64 doktor, lektor kepala 156 orang dan 12 orang guru besar. “Ini keunggulan Universitas Warmadewa,” ujarnya.

Made Artawan juga menjelaskan, Unarwa juga memiliki sejumlah keunggulan sehingga sangat tepat dipilih pelajar dari NTT sebagai tempat kuliah. Baik dinilai dari fasilitas kampus, sistem pelayanan maupun kualitas SDM tenaga dosen atau pengajar.

Apalagi, lanjut dia, Universitas Warmadewa dilengkapi fasilitas kampus yang ditunjang dengan layananan perpustakaan berbasis digital. Ruang kuliah yang bagus, tenaga dosen yang berkualitas, hingga tempat parkir kendaraan yang luas pula.

Layanan penerimaan dan pendaftaran mahasiswa baru pun, kata Made, dilakukan melalui sistem online sehingga calon mahasiswa tidak harus pergi-pulang ke kampus sebelum perkuliahan dimulai. Pembayaran uang kuliah pun dilakukan melalui bank dan dilayani secara online, sehingga memberi kemudahan.

Hal ini dibenarkan Kabag Humas Unwar, Dr. Agus Darma Yoga Pratama, SS, M.Hum. Menurut Agus Darma, kuliah di Universitas Warmadewa tidak akan mengecewakan, karena kampus dan program studi yang ada semuanya berstatus Akreditasi B dan sedang diperjuangkan untuk menjadi akreditasi A.

“Artinya, di Universitas Warmadewa Bali kita akan mendapatkan kesempatan emas yang tidak akan ditemukan di perguruan lainnya. Bisa ikuti juga di alamat website warmadewa.ac.id,” kata Agus. (jdz)