Hardiknas 2019 Jadi Momentum Menguatkan Pendidikan

TAGAWITI – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) diperingati setiap 2 Mei di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Lembata. Peringatan ini diambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh pahlawan nasional sekaligus bapak pendidikan nasional.

Pemerintah Kabupaten Lembata menggelar apel bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 di Desa Tagawiti, Kecamatan Ile Ape, Kamis (2/5/19). Tahun ini Peringatan Hari Pendidikan Nasional mengambil tema ; “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Upacara diikuti Anggota DPRD Lembata, Yohanes Tifaona, Asisten Bupati, Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Lembata, seluruh pegawai Lingkup Pemkab Lembata serta siswa/siswi sekolah di Kecamatan Ile Ape dengan Inspektur Upacara, Plt Sekretaris Daerah, Anthanasius Aur Amuntoda, SE, MM.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, dalam amanatnya yang dibacakan Plt Sekda, Anthanasius Aur Amuntoda, SE, MM, mengatakan, ada dua hal yang ditekankan Kemendikbud dalam rangka pembangunan sumber daya manusia. “Pendidikan karakter dan penyiapan generasi didik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja menjadi dua hal penting yang harus kita tingkatkan bersama. Hal ini haruslah dilakukan secara profesional oleh segenap pemangku kepentingan dalam hal pendidikan di tingkat pusat maupun daerah,” ucap Plt Sekretaris Daerah.

Amuntoda mengatakan, perkembangan teknologi yang terjadi saat ini dapat mempengaruhi cara berpikir, perilaku, dan karakter peserta didik. Karenanya, sekolah dan tenaga kependidikan harus mampu menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia terkhusus budaya kelamaholotan.

“Kita tentu tahu bahwa saat ini kita dihadapkan kompleksitas masalah buruh, tenaga kependidikan, hingga kasus-kasus yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan. Betapapun pemerintah responsif dalam mencegah dan mengatasi masalah tersebut, selaras dengan paradigma pendidikan. Karena itu, melalui pusat pendidikan, seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat haruslah saling mendukung dan menguatkan,” ujarnya.

Muhadjir Effendy juga memberikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia yang telah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan peran masa depan anak Indonesia, agar cerdas, berkarakter, kuat, dan bermanfaat untuk sekitarnya.

“Semoga peringatan Hardiknas ini menjadi momentum kita untuk selalu ingat bahwa pendidikan itu penting dan bagaimana kita mampu menjadi orang-orang yang terdidik yang mampu memberikan kontribusi untuk nusa dan bangsa ini ke depan,” tutup Plt Sekda Amuntoda.

Usai apel dilanjutkan dengan pemberian Hadiah bagi para siswa – siswi dari berbagai Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Lembata lomba mata pelajaran MIPA di Tingkat Kabupaten.

Hadiah dan penghargaan tersebut diberikan atas prestasi mereka dalam berbagai kegiatan dan perlombaan yang diselenggarakan Pemkab Lembata baru-baru ini dalam rangka peringatan Hardiknas 2019.

Setelah pemberian Hadiah, Plt sekda Berpose bersama dengan para Siswa penerima hadiah, dikarenakan momentum bahagia ini berpapasan dengan ulang tahun Plt Sekda Anthanasius Aur Amuntoda ke-59 tahun. (Yan Matarau/Tim Kominfo)

Ket foto : Plt sekda Berpose bersama dengan para siswa/siswi penerima hadiah berbagai perlombaan, seusai upacara HARDIKNAS, Kamis (2/5/2019)