Gubernur Laiskodat : Bersih itu Peradaban

KUPANG, mediantt.com – Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) harus bersih. Sebab, bersih itu peradaban. Apalagi Provinsi NTT memiliki program utama pariwisata. “Saya tidak mau melihat sampah berserakan dimana-mana. NTT harus bersih,” kata Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat, ketika bertindak selaku pembina apel pagi, di halaman gedung Sasando, di Kupang, Senin (8/10).

Apel setiap Senin melibatkan 41 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov), termasuk biro-biro di sekretariat daerah NTT. Turut hadir Sekda Benediktus Polo Maing dan pejabat eselon II. Adapun rangkaian apel diawali dengan pembacaan naskah Pancasila, pembukaan UUD 1945 dan Sapta Prasetya Korpri.

Gubernur Viktor Laiskodat, secara gamblang menginstruksikan kepada pimpinan perangkat daerah untuk menjaga kebersihan di lingkungan kantor masing-masing. “Jika saya berkunjung ke setiap dinas dan terdapat sampah berserakan maka semuanya mendapat sanksi,” tegas Gubernur.

Dihadapan ratusan ASN, Gubernur Viktor Laiskodat mengatakan, kedatangannya di NTT untuk membuat daerah ini memiliki kebanggaan tersendiri. Daerah yang memiliki nilai peradaban yang tinggi dan memiliki etos kerja serta disiplin.

“Saya seorang Gubernur bukan hanya berpikir tentang sampah. Gubernur itu berpikir hal-hal strategis, berpikir hal besar, membuat gagasan yang hebat, bukan berpikir soal sampah dan mengurus orang tidak bekerja. Jadi, program pariwisata adalah program andalan kita maka semua pihak harus bertanggungjawab terkait kebersihan lingkungan dan kantor,” tegas Gubernur.

Gubernur Viktor juga mengingatkan bahwa pemerintahan kita adalah sebuah sistem. Berarti pola kerja pemerintahan harus berkoordinasi, bukan terpisah-pisah satu dengan yang lain. (son/jdz)