GMIT Kota Kupang Gelar Bulan Keluarga Dalam Spirit Saling Menolong

KUPANG, mediantt.com Р Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) khususnya Jemaat Kota Kupang, mengawali pelayanan Bulan Keluarga 2018 dalam spirit saling menolong. Pembukaan Bulan Keluarga ditandai dengan Ibadah bersama, di halaman Gerja Kota Kupang, Jumat (5/10) petang.

Awal pelaksanaan Bulan Keluarga itu dipadukan dengan Expo Persekutuan Anak dan Remaja (PAR) yang sedianya berlangsung dua hari. Sedangkan pelaksaan Bulan Keluarga bagi umat Kristen dilaksanakan setiap tahun selama satu bulan penuh mulai 1 sampai 31 Oktober 2018.

Ibadah pembukaan dipimpin secara bersama oleh empat Pendeta (Pdt). Masing-masing, Pdt. Tera D. Klaping (Ketua Majelis Jemaat Gereja kota Kupang), Pdt. Idha Bees-Moenek, Pdt. Polce Nalle dan Pdt. Agustina Padak-Djawa Udju. Termasuk juga Pdt. Jeheskiel Adam, berhalangan hadir sehubungan dengan kegiatan pelayanan kerohanian.

Khotbah pembukaan Bulan Keluarga 2018 disampaikan Pdt. Tera Klaping, membaca firman Tuhan dari Kitab Kejadian 45. Mengangkat Kisah Yusuf memperkenalkan dirinya kepada saudara-saudaranya, diuraikan dalam tema Bulan Keluarga 2018, “KEUGAHARIAN DALAM KELUARGA”, dan Sub Tema “Jadilah Keluarga Allah yang saling melengkapi dan menolong”.

Dijelaskan Pdt. Klaping, bulan Oktober sebagai Bulan Keluarga yang dirayakan GMIT sejak tahun 1985. Kegiatannya dilaksanakan selama satu bulan penuh agar Jemaat dapat merefleksi kehidupan kekeluargaannya.

“Untuk tahun 2018, kita belajar contoh cara hidup yang ditampilkan oleh Yusuf. Yusuf tidak menaruh dendam atas saudara-saudaranya yang pernah berniat membunuhnya, tetapi kemudian menjualnya sebagai budak. Yusuf bukan saja ikhlas memaafkan, bahkan antusias berbagi dari kekayaannya,” tegas Pdt. Tera Klaping.

Keugaharian dalam keluarga, kata Ketua Majelis Jemaat GMIT Kota Kupang itu, adalah kesederhanaan dan kesahajaan dalam melayani kehidupannya, baik dalam keluarga, bergereja dan bermasyarakat. Hidup bersahaja, sebut Pdt Klaping, bukan mengobral uang untuk membelanjakan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Akan lebih baik kelebihan dimanfaatkan untuk berbagi dengan sesama yang berkekurangan.

Ketua Panitia Bulan Keluarga GMIT Kota Kupang, Dominggus Hawu, menjelaskan, selain ibadah pembukaan Bulan Keluarga juga dilaksanakan aneka kegiatan. Seperti nikah massal,.perkunjungan ke sembilan rayon selama bulan Oktober dan ibadah keluarga.

“Dalam kunjungan rayon akan dilaksanakan ibadah, percakapan dengan jemaat dan penyuluhan bekerjasama dengan pihak Polres Kuoang Kota,” jelas Dominggus Hawu.

Ibadah Bulan Keluarga berkangsung pukul 18.00 Wita sampai selesai, dimeriahkan duet indah Nancy Ponto dan Lisa Ora, juga tampil Paduan Suara (PS) Wanita GMIT Kota Kupang, PS Gabungan JKK, PS Kaum Bapak Rayon II, tarian dan vokal grup PAR JKK dan pujian solo PAR. (son/jdz)