Festival Tiga Gunung 2018 Bisa Jadi Even Nasional, Ini Syaratnya

LEWOLEBA, mediantt.com – Gebyar Festival 3 Gunung yang telah berakhir Sabtu (29/9) lalu, juga mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Pariwisata. Gubernur Viktor Laiskodat, Ketua DPRD NTT dan Staf Ahli dari Kemendagri dan Kemenpar, juga memberi pujian atas imajinasi kreatif Bupati Yentji Sunur, yang berhasil mendesain Festival 3 Gunung tersebut.

Karena itu, Staf Ahli Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, I Gede Patena, pada puncak F3G, Sabtu (29/9) malam, mengatakan, Festival 3G ini bisa menjadi even nasional. “Tapi itu harus menunggu setelah tiga tahun.
Kementerian Pariwisata sudah mengirim dua kurator untuk melakukan evaluasi terhadap even Festival 3 Gunung di Lembata ini,” ungkap Gede Patena.

Menurut dia, even seperti festival 3G selalu menggairahkan budaya lokal. Dan, ini hanya bisa lahir dari pemimpin yang inovatif dan kreatif. Festival juga bisa menjadikan suatu daerah destinasi wisata besar dalam peta pariwisata dunia. Jadi festival 3G ini harus konsisten dilasanakan setiap tahun. Apalagi, sebut dia, Lembata adalah serpihan surga yang jatuh ke bumi.

Piagam

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri menghargai suksesnya Festival Tiga Gunung 2018 dengan Piagam yang diserahkan oleh Staf Ahli Kemendagri, Stanis.

“Saya mewakili Bapa Menteri Dalam Negeri menyerahkan piagam kepada bapa Bupati Lembata karena sukses menyelenggarakan F3G. Piagam ini adalah apresiasi atas kreatifitas dan inovasi hadirnya Festival 3G,” katanya.

Ia juga berharap, Festival 3 Gunung menjadi branding bagi Lembata sebagai destinasi wisata budaya dan alam yang nyaman. (jdz)