Headline

Dandim Kupang Minta Wartawan Ikut Lomba Karya Jurnalistik 2019

Kupang, mediantt.com – Komandan Distrik (Dandim) 1640/Kupang, Letkol Kav FX Aprilian Wicaksono, menggelar Silahtirami dengan Insan Pers di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, Sabtu (22/6). Kepada puluhan wartawan Dandim memaparkan kerja-kerja pasukannya selama melakukan operasi teritorial di tapal batas negara, di Oepoli Kabupaten Kupang dengan Oekusi, Timor Leste.

“Tujuan utama silaturahmi ini adalah menggalang teman-teman insan pers, baik perorangan maupun kelompok untuk mengikuti Lomba Karya Jurnalistik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 tahun 2019, yang akan diadakan pada 4 Juli-8 Agustus 2019 di Amfoang Timur,” kata Wicaksono.

Kata dia, ini merupakan program terobosan TNI AD dan mitra Media untuk bersinergi membangun negeri.

“Saya sangat mengharapkan keterlibata rekan pers pada lomba karya jurnalistik ni. Kami persilahkan rekan pers mencari materi pada kami, bahkan kalau mau tidur di lokasi TMMD akan kami bantu. Saya sangat berharap juga dalam lomba ini muncul juara dari NTT. Karena tahun 2017 pada TMMD 104 juara satu dari NTT,” tutur Wicaksono.

Dandim Wicaksono juga mengaku sangat bersyukur bisa bertemu dengan para insan pers. “Walau saya sudah bertugas 19 bulan sejak Nopember 2017, saya minta maaf karena sudah hampir dua tahun tapi belum sempat bertegur sapa dengan para wartawan di lapangan. Karena itu dengan adanya silaturahmi ini saya bisa berjumpa dengan para insan pers,” kata Dandim asal Malang ini.

Ia juga membeberkan apa saja yang sudah dilakukan oleh TNI AD khususnya di Kodim 1064/Kupang, dalam program Operasi Teritorial demi menjaga keamanan wilayah tapal batas NKRI-RDTL, antara lain pengamanan dan lebih kepada penyiapan ruang atau gerak juang yang tangguh demi pertahanan dan keamanan NKRI. “Operasi Teritorial ini dilakukan dalam spirit “Merajut Asa di Batas Negeri”.

Ia menyebutkan, keberadaan TNI AD dalam ikut membangun NKRI di batas wilayah dengan program pemberdayaan, dan sosialisasi tentang lintas batas, human traficking, hukum dan cinta NKRI.

Menurut dia, lokasi program TMMD 105 2019 non fisik adalah di Kecamatan Amfoang Timur di Desa Netemnanu Utara dan Desa Nunuana, juga di Kecamatan Amfoang Utara. (jdz)