Headline

Bupati Sunur Panen Bawang Merah Varietas Bima di Kebun Contoh Bour

LEWOLEBA, mediantt.com – Kabupaten Lembata punya bawang merah varietas Bima dengan kualitas baik. Bawang jenis ini ada diatas lahan 1 hektare di Kuma Resort, Desa Bour.

Panen perdana baru saja dilakukan oleh Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST, Kamis (26/7), bersama Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Lembata.

Bupati Sunur mengatakan, hasil panen perdana Bawang Merah varietas Bima ini sangat baik kualitasnya. Artinya, filosofi cincin pertanian dalam rantai ekonomi menjadi tekad bersama dalam mewujudkan pertanian modern, dimana saat ini kegiatan yang dilakukan dengan sasaran utama pada basis-basis komunitas yang ada, baik kelompok agama maupun kelompok masyarakat, perlu dijaga agar spesifikasi lahan dan kualitas tanaman pertanian tetap baik.

“Kewajiban pemerintah untuk mendorong masyarakat agar juga menanam komoditi pertanian berumur pendek, karena masyarakat membutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup harian disamping menanam tanaman berumur panjang untuk kelangsungan hidup anak cucu,” jelas Bupati dua perkode ini.

Yentji Sunur juga menegaskan, pemerintah berharap produksi tanaman pertanian tahun ini dapat mencukupi kebutuhan dalam daerah dulu sebelum berpikir untuk mengekspor keluar daerah. “Untuk itu, seluruh lahan yang belum produktif akan diproduktifkan, sehingga target pencapaian kebutuhan pangan menuju kedaulatan pangan Kabupaten Lembata dapat terwujud,” tegas Bupati Subur, mengingatkan. (*/che)