Headline

Bandara Wunopito Gelar Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat

LEWOLEBA, mediantt.com – Bandara Wunopito, Lewoleba Lembata, menggelar latihan penanggulangan keadaan darurat bandara udara. Simulasi ini melibatkan otoritas Bandara Wilayah IV Denpasar, Perwakilan Bandara Gewayan Tana Larantuka, Tambolaka, Maumere.

Simulasi yang digelar Kamis (13/9) itu dipimpin oleh Kepala Bandara Wunopito Lembata, Wisma Florianus. Turut dilibatkan antara lain aparat Polres Lembata, Koramil Lembata, petugas medis dari Dinas Kesehatan, RSUD Lembata, Pol Pamong Praja, Direktorat Jenderal Keamanan Perhubungan Udara. Juga, dari Angkatan Laut dan KP3 Bandar Udara Wunopito.

Dalam pengantarnya, Florianus menjelaskan, setiap bandar udara memiliki emergency plan procedure yang baik, namun dalam pelaksanannya tidak semua aspek yang dipersyaratkan bisa terlakasana dengan baik.

“Karena itu, kita harus berhadapan dengan keadaan darurat penerbangan dan tim unit penyenggara bandar udara Wunopito sudah siap dalam panangulangan keadaan darurat. Ini untuk menguji kemampuan organisasi penanggulangan keadaan darurat dalam kondisi sesungguhnya sesuai standar operasioanal prosedur,” tegasnya.

Selain itu, sebut dia, menguji dan meningkatkan kesiapan keterampilan personil serta perlengkapannya dan dapat memberikan gambaran kepada pengguna jasa kebandaraudaraan maupun masyarakat luas tentang kesiapan dan keterampilan segenap unit fungsional terkait secara optimal.

Menurut dia, pada intinya tujuan airport emergency exercise adalah latihan bersama yang dilakukan oleh semua unit kerja terkait dalam organisasi komite dengan dasar hukum yang jelas, yakni Undang-undang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009. (roy)